Jokowi meninjau pabrik baterai EV terbesar di Asia Tenggara di Karawang

Bisnis243 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengunjungi pabrik baterai kendaraan listrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat. Bahlil mengatakan, pabrik tersebut merupakan produsen baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

PT HLI Green Power merupakan perusahaan patungan manufaktur baterai kendaraan listrik antara Hyundai Motor Company, LG Energy Solutions, dan PT Indonesia Battery Corporation (IBC).

“Pabrik ini menggunakan teknologi terkini LG. Bahlil dalam keterangannya, Kamis malam, 14 September 2023, mengatakan, “Di antara lima pabrik LG di dunia, pabrik di Indonesia ini menggunakan teknologi terkini.”

Ia mengatakan, nilai investasi pabrik tersebut sebesar 3,1 miliar dolar atau Rp 45,88 triliun yang termasuk dalam paket besar proyek hulu dan hilir baterai.

Saat ini, fasilitas produksi di Karawang New Industry City (KNIC) merupakan tahap pertama dari dua proyek investasi yang direncanakan. Upacara peletakan batu pertama telah dilakukan dua tahun lalu.

Nilai investasi tahap pertama BKPM sebesar 1,1 miliar dolar atau Rp. 16,28 triliun dan memiliki kapasitas produksi 10 GWh. Sedangkan produksi komersial ditargetkan pada April 2024.

Hingga pertengahan tahun 2023, BKPM menyebutkan perusahaan telah mempekerjakan 1.000 tenaga kerja Indonesia. Hal ini menunjukkan tekad pemerintah untuk mengembangkan sektor hilir, kata Bahlil. “Ini visi Presiden untuk membangun sektor hilir,” imbuhnya.

Bahlil mengatakan, pabrik baterai EV ini menggunakan teknologi yang sangat tinggi dan dikelola oleh tenaga kerja Indonesia sebanyak lebih dari 100 orang yang dikirim ke Korea.

Pembangunan tahap kedua akan dimulai pada Januari 2024 dan produksi komersial diharapkan pada Maret 2025 dengan kapasitas 20 GWh. Nilai investasinya 2 miliar dolar atau Rp. 29,60 triliun tadi. BKPM memperkirakan pembangunan ini akan menyerap 2.800 tenaga kerja Indonesia.

Baca Juga  300 pengunjuk rasa pro-Palestina ditangkap di Universitas Kolombo

RIANI SANUSI Putri

Pilihan Editor: JPabrik baterai EV pertama di Indonesia akan dibangun di Kalimantan Utara, kata okowi.

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *