Jokowi mengatakan, jika RS Aiken dibangun, maka tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Bisnis204 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi Mengerjakan Infrastruktur atau peletakan batu pertama Pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di ibu kota negara atau Aiken Nusantara Dalam pidatonya pada Rabu, 20 Desember 2023, Jokowi mengatakan WNI tidak perlu pergi ke luar negeri jika rumah sakit di IKN sudah beroperasi.

“Kalau semua ini selesai, maka masyarakat kita tidak akan ada yang berangkat ke Malaysia, Singapura, Jepang, atau Amerika untuk kesehatan,” kata Jokowi di lokasi IKN. Kalimantan Timur Rabu, 20 Desember 2023 Acara ini ditayangkan di kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Ia juga berharap seluruh tindakan medis terhadap pasien yang sakit dapat ditangani oleh IKN Nusantara. Kita berharap semuanya bisa dilakukan di Indonesia, khususnya di ibu kota pulau ini, kata Jokowi.

Diketahui, banyak WNI yang memilih berobat ke luar negeri. Sebab, fasilitas kesehatan di negara tujuan dinilai lebih memadai dibandingkan di Indonesia. Salah satu menteri kabinet Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga baru mendapat perawatan di Singapura setelah jatuh sakit pada akhir tahun 2023.

Dengan peletakan batu pertama tersebut, dibuka RS Negeri Jokowi di IKN. Menurut Jokowi, RSUP di IKN Nusantara fokus menangani penyakit jantung dan stroke.

iklan

Sebelumnya, ada tiga rumah sakit swasta yang sedang dibangun IKN yaitu RS Hermina, RS Abdi Waluyo, dan RS Mayapad. Jokowi juga meresmikan peletakan batu pertama ketiga proyek tersebut.

Jokowi juga menyebut ada antrean pihak lain yang ingin membangun rumah sakit di IKN. “Setelah ini, ada tiga rumah sakit swasta lainnya yang antre. “Saya tidak tahu kenapa ada orang yang membangun rumah sakit di nusantara ini,” ujarnya.

Baca Juga  DK PBB akan memutuskan keanggotaan penuh Palestina hari ini, apakah AS mengancam akan memveto?

Menurut Jokowi, konsep hijau di IKN juga akan membantu pasien yang dirawat di RS ibu kota baru. Menurutnya, penghijauan dan oksigen di IKN membuat pasien tetap tenang. “Kalau kita lihat di sini hijau, oksigennya banyak, pastinya pikiran senang. Stroke menurut saya jauh. Jantung (penyakit) juga jauh karena suasana di sini hijau,” kata Jokowi.

Pilihan Editor: Dari Jokowi hingga IKN Besok, Proyek Investor Lokal Kalimantan Total 10 Triliun Birr



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *