Jenis Visa Indonesia, Kegunaannya, dan Biaya Pengajuan

Bisnis235 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaA Visa adalah dokumen yang memperbolehkan seseorang memasuki suatu negara. Indonesia menyediakan berbagai jenis visa dengan biaya berbeda-beda, tergantung tujuan kunjungan.

Menurut situs imigrasi Indonesia, Imigrasi.go.id, visa adalah izin yang diberikan suatu negara kepada warga negara asing untuk memasuki negara tersebut. Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal, visa dikeluarkan oleh negara tujuan. Namun, tidak semua negara mewajibkan visa untuk setiap pengunjungnya.

Indonesia menawarkan beberapa pilihan visa bagi orang asing yang berencana mengunjungi kepulauan yang luas ini. Perlu diketahui bahwa peraturan visa dapat berubah tanpa pemberitahuan, jadi disarankan untuk memeriksanya ke imigrasi atau lembaga yang dapat dipercaya.

Berikut jenis visa yang tersedia di Indonesia:

1. Visa Diplomatik

Menurut pasal 35 UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, visa diplomatik diperuntukkan bagi warga negara asing yang memiliki paspor diplomatik untuk keperluan diplomatik. Pemegangnya diperbolehkan melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia, dan visa tersebut akan menjadi dasar izin tinggal. Permohonan visa ini tidak dipungut biaya.

2. Visa Layanan

Visa dinas diberikan kepada warga negara asing yang mempunyai paspor dinas untuk tujuan non-diplomatik di Indonesia, sesuai dengan Pasal 36 Undang-Undang Keimigrasian. Pengajuan visa ini juga tidak dipungut biaya.

3. Visa Pengunjung

Visa ini diberikan kepada Orang Asing yang melakukan perjalanan ke Indonesia dalam rangka kunjungan dinas pemerintah, pendidikan, kunjungan sosial budaya, pariwisata, bisnis, kunjungan keluarga, jurnalisme, atau transit ke negara lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 UU No. 6 tahun 2011.

Visa pengunjung memiliki beberapa kategori, termasuk visa on Arrival (VoA). Visa pengunjung mempunyai masa berlaku maksimal 180 hari sejak tanggal diterbitkan, dengan masa tinggal maksimal 30 hari setelah kedatangan. Biayanya bervariasi tergantung kebutuhan. Dengan rincian sebagai berikut:

Baca Juga  Gempa dangkal 3,2 M melanda Bandung, Garut pada hari Jumat

– Visa kunjungan sekali masuk diberikan untuk jangka waktu maksimal 60 hari dengan biaya Rp2 juta per orang.

– Visa kunjungan sekali masuk diberikan untuk jangka waktu maksimal 180 hari dengan biaya Rp6 juta per orang.

– Visa kunjungan sekali jalan untuk tujuan pariwisata diberikan untuk jangka waktu maksimal 60 hari dan dikenakan biaya sebesar Rp1,5 juta per orang.

– Visa pengunjung multiple-entry berlaku selama dua belas bulan untuk beberapa perjalanan dengan biaya Rp3 juta per orang.

– Visa kunjungan saat kedatangan khusus pariwisata berlaku selama 30 hari dengan biaya Rp 500.000 per orang.

4. Visa tinggal terbatas.

Berdasarkan Pasal 39 UU Keimigrasian, visa tinggal terbatas diberikan kepada orang asing yang akan masuk dan tinggal di wilayah Indonesia untuk jangka waktu tertentu. Visa tinggal terbatas (Vitas) ada dua kategori, yaitu bagi mereka yang bekerja di kapal atau instalasi di perairan Indonesia dan non-kerja seperti pendeta, profesional, pelajar, peneliti, pekerja, investor, lansia, dan mereka yang menikah. Warga negara Indonesia. Masa berlaku maksimum Vitas adalah dua tahun sejak tanggal kedatangan. Biaya bervariasi sebagai berikut:

– Visa tinggal terbatas sebesar US$150 per permohonan.

– Visa tinggal pada saat kedatangan terbatas dengan biaya Rp700.000 per permohonan.

– Visa tinggal terbatas di rumah kedua seharga Rp3 juta per permohonan.

– Visa tinggal terbatas di rumah kedua bagi pengikut (suami, istri, anak, atau orang tua),

– Persetujuan visa oleh Direktur Jenderal Imigrasi (khusus visa tinggal terbatas) dikenakan biaya Rp200.000 per permohonan.

5. Visa Kerja

Visa kerja merupakan salah satu jenis visa yang diatur dalam UU No. 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja. Menurut undang-undang ini, visa kerja diberikan kepada warga negara asing yang bekerja di Indonesia oleh sponsor mereka. Pengajuan visa dapat dilakukan melalui visa-online.imigrasi.go.id atau TKA online.

Baca Juga  Cari Harun Masiku, Penyidik ​​KPK Periksa Isi Ponsel Hasto Cristiano

6. Gratis Visa Kunjungan

Bebas visa kunjungan (BVK) diatur dengan Peraturan Presiden No. 21/2016. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan Indonesia dengan negara lain. Visa jenis ini diberikan kepada orang asing dari negara tertentu untuk melakukan perjalanan ke Indonesia tanpa memerlukan visa perjalanan.

Pengajuan visa ini umumnya tidak dipungut biaya dan berlaku untuk masa tinggal maksimal 30 hari dan tidak dapat diperpanjang.

Sebelumnya pada pertengahan tahun ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan penghentian sementara program bebas visa kunjungan untuk 159 negara. Keputusan ini diatur dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. M.HH-GR.01.07 Tahun 2023 yang disahkan pada tanggal 7 Juni.

RIZKI DEWI A.| VIVIA AGARTA F.

Pilihan Editor: Sandiaga Uno Siapkan Dana Pariwisata, Bebas Visa Masuk 20 Negara

Klik di sini untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *