Jawaban Jokowi atas Meningginya Suara PSI, Hak Bertanya dan Keterikatan pada Golkar

Bisnis58 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi Partai Persatuan Indonesia (PSI) menjawab pertanyaan awak media terkait ramainya sistem informasi rekapitulasi.Sirecap) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi menjawab pertanyaan soal hak meminta kecurangan atau tuduhan soal pemilu pemilu 2024 Pada pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Basedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfoud MD.

Selain itu, isu bergabungnya dirinya ke Partai Golongan Karya (Golkar) juga ditanggapi Jokowi. Berikut jawaban Jokowi dalam laporan tersebut waktu.

Suara PSI meninggi

Hingga Jumat sore, 1 Maret 2024, PSI sudah memperoleh 3 persen suara nasional. Real count data KPU Real count di tempat KPU Pada pukul 12.00 WIB PSI memperoleh 3,01 persen suara atau sekitar 2.300.600 ribu suara. Pengadaan ini didasarkan pada 540.351 dari total 823.236 tempat pemungutan suara (TPS) atau 65,64 persen suara yang diterima.

Dalam waktu 24 jam setelah pemungutan suara. PSI mendapat 0,12 persen suara. Data Sirecap menunjukkan perolehan suara PSI naik 98.869 pada pukul 13.00 WIB tanggal 2 Maret 2024.

Perolehan suara PSI pada 1 Maret 2024 meningkat dari 2.300.600 suara pada pukul 12.00 WIB menjadi 2.399.469 suara pada 2 Maret pukul 13.00 WIB atau sebesar 3,13 persen.

Alhasil, perolehan suara PSI yang dipimpin putra bungsu Jokowi, Kesang Pangarep, semakin menyedot perhatian publik karena dugaan adanya kecurangan dalam proses pemungutan suara. Jokowi mengatakan, persoalan kenaikan suara PSI adalah persoalan partai.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan atau M. Batasan parlementer sebesar 4 persen.

Romi, sapaan akrabnya, sempat mendengar dugaan adanya operasi pengalahan PSI yang dilakukan aparat jelang pemilu 2024.

“Dengan menyasar penyelenggara pilkada, PSI akan memperoleh 50.000 suara di setiap kabupaten/kota di Pulau Jawa, dan 20.000 suara di setiap kabupaten/kota di luar Pulau Jawa,” ujarnya dalam keterangan tertulis. waktuDikutip pada Senin 4 Maret 2024.

Baca Juga  Ganjar dan Mahfoud mengupas kegagalan demokrasi dalam sidang litigasi Pilpres.

Berdasarkan informasi yang diterima, operasi tersebut dilakukan dengan menggunakan dan mendanai jaringan kelompok pemuda yang pernah dipimpin oleh seorang menteri. Itu adalah jaringan organisasi akar rumput yang memobilisasi suara PSI.

Juru Bicara DPP PSI Sigit Widodo mengatakan, peningkatan suara PSI merupakan hal yang wajar. Sigit mengatakan kenaikan suara tersebut masih di bawah perhitungan internal PSI.

“Mungkin saja datanya mulai masuk dari daerah yang pemilih PSInya besar, jadi wajar kalau ada lonjakan,” kata Siggitt. waktuSabtu 2 Maret 2024.

Di sisi lain, kata Sigitt, data dari daerah yang jumlah pemilihnya lebih sedikit bisa diabaikan. Sirecap menegaskan data itu Real countIni bukan sampel, sehingga data yang dihasilkan tidak selalu bisa dibandingkan.

Jokowi memberikan tanggapan singkat atas perolehan suara PSI yang meroket. Dia hanya menyisakan awak media untuk bertanya kepada PSI dan KPU.

Tanyakan kepada Partai (PSI) KPU, kata mantan Wali Kota Solo itu dalam keterangannya di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin, 4 Maret 2024.

Berikutnya: Hak untuk Bertanya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *