Jangan dilewatkan begitu saja, berikut 5 tips menguasai THR dengan bijak.

Bisnis31 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – tunjangan hari raya (THR) sangat dinantikan oleh para karyawan. Pengelolaan THR secara bijak dan sesuai kemampuan sangat penting dilakukan agar masyarakat dapat memenuhi berbagai kebutuhan menjelang Idul Fitri tanpa menghabiskan THRnya. Berdasarkan laporan, 67 persen masyarakat Indonesia berencana menghabiskan 1/4 uang THR-nya pada Ramadhan 2024.

5 Tips Mengendalikan Uang THR Lebaran

Tuntutan saat Idul Fitri kerap mendorong masyarakat untuk belanja lebih banyak dari biasanya dengan mengandalkan THR Idul Fitri. Agar THR tak habis begitu saja, Tokopedia berbagi dengan Tik Tok lima cara mengelola dana THR dengan bijak.

1. Sisihkan uang untuk Zakat Firah

Selain membeli bahan baku makanan umum Idul Fitri, siapkan uang untuk membayar Zakat Fitri. Tokopedia sendiri memiliki fitur Zakat Fitrah online. “Tokopedia telah bermitra dengan banyak organisasi filantropi – BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan masih banyak lainnya – untuk menghadirkan berbagai fitur yang memudahkan masyarakat berbagi kebaikan, termasuk saat Ramadhan 2024, dengan Zakat Firah, Donasi, Dari wakaf, fidiyah, zakat maal dan lain-lain,” kata Senior Director Komunikasi Eksternal Tokopedia Rizki Juanita Azuz, dalam siaran pers yang dikeluarkan Tempo pada 31 Maret 2024.

“Tentang karakteristik Zakat Fitah Dengan Tokopedia pengguna dapat menerima sertifikat sebagai konfirmasi resmi serta laporan distribusi dan distribusi Zakat. Hasil donasi pengguna akan disalurkan melalui mitra lembaga kemanusiaan terkait, termasuk BAZNAS dan mitra strategis lainnya, untuk memberikan bantuan Ramadhan kepada masyarakat yang membutuhkan, kata Rizki.

Kepala Bidang Pengumpulan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan M.Sc. CFRM., Saat pekerja menerima uang THR, biasanya pekerja dibagi untuk membeli keperluan lebaran dan menyiapkan biaya pulang kampung. “Kami menghimbau masyarakat, khususnya umat Islam, untuk mengutamakan Zakat Fitri sebelum mengalokasikannya untuk hal lain. BAZNAS telah bekerja sama dengan Tokopedia “Untuk memudahkan masyarakat dalam menyalurkan zakat fitarnya,” kata Rizaluddin.

Baca Juga  Pelajari tentang Eco Enzyme dan cara membuatnya

“Di era digital, masyarakat dapat dengan mudah menunaikan kewajiban zakatnya secara online sesuai prinsip syariat Islam. Kemudahan ini bisa dilakukan di Tokopedia,” tambah Rizaludin.

Rizaluddin juga mengatakan, zakat yang dibayarkan ke BAZNAS melalui Tokopedia akan disalurkan kepada penerima manfaat pada waktu yang dijadwalkan oleh organisasi pengelola zakat yang bersertifikat Kementerian Agama Republik Indonesia. “BAZNAS menyalurkan perintah ini sesuai dengan prinsip 3A, Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Jadi yang menyalurkan zakatnya tidak perlu khawatir dan yakin bahwa zakatnya akan disalurkan kepada pihak yang tepat sesuai syariat Islam,” Rizeluddin menambahkan.

2. Bagikan THR kepada keluarga Anda dengan kartu hadiah online.

Setelah membayar Zakat Fira, alokasikan dana THR untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga. Selain memberi ‘sapa tempel’ atau uang tunai, Gift Card Tokopedia bisa jadi pilihan. Dengan Tokopedia Gift Card, pengguna Tokopedia dapat menghadiahkan voucher dengan template menarik pilihannya sebagai oleh-oleh Idul Fitri yang lebih praktis dan aman serta bernuansa lebih personal.

“Tokopedia Gift Card dapat menjadi solusi bagi pengungsi yang tidak mudik untuk berbagi dengan orang tua atau kerabatnya. Data internal kami menunjukkan rata-rata harga Tokopedia Gift Card per transaksi pada Ramadhan 2023 mengalami kenaikan sebesar 1,5 kali lipat dibandingkan Ramadhan 2022,” kata Rizki.

3. Beli baju lebaran merk lokal

iklan

Mengenakan baju baru saat lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Agar biaya THR tidak berlebihan, masyarakat diimbau memanfaatkan cashback atau diskon saat berbelanja baju lebaran.

Tokopedia telah mendokumentasikan berbagai produk fashion muslim yang laris manis di Ramadhan 2023. Misalnya, penjualan produk Gamis meningkat sekitar 3,5 kali lipat dibandingkan periode Ramadhan 2022. Sementara produk baju muslim anak mengalami peningkatan penjualan hingga 2 kali lipat. Di sisi lain, penjualan produk kardigan muslim meningkat lebih dari 1,5 kali lipat, kata Rizki.

Baca Juga  Apa penyebab lutut sakit saat ditekuk?

4. Mengirimkan parsel lebaran yang bermakna kepada sanak saudara yang berada di luar kota.

Kita tetap bisa menunjukkan rasa sayang kita kepada sanak saudara di luar kota dengan mengirimkan hampers khusus lebaran. Gunakan Share Address untuk memudahkan pengiriman barang di aplikasi Tokopedia sehingga pengguna tidak perlu memasukkan alamat tujuan secara manual. Pengguna dapat meminta keluarga atau teman untuk mengirimkan alamat, atau pengguna dapat membagikan alamat secara langsung kepada pengguna Tokopedia lainnya.

Tokopedia juga menyediakan fitur Send as Gift yang memungkinkan pembeli mengirimkan hadiah kepada penjual sebagai hadiah dan menulis kartu ucapan. Pembeli dapat menemukan penjual yang menawarkan fitur tersebut dengan memilih filter ‘Send as Gift’ di halaman pencarian, kata Rizki. .

“Kampanye Ramadhan lebih seru bagi pelaku usaha lokal khususnya UMKM yang menjual parsel menjelang Idul Fitri di Tokopedia dan ‘Belanja | Tokopedia” di aplikasi Tik Tok,” kata Rizki.

Di tahun Transaksi transfer di Tokopedia meningkat lebih dari 9 kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022. Angka tersebut menunjukkan masyarakat lebih bersemangat untuk berbagi atau mengirim hadiah, termasuk saat Ramadhan. Dan dengan harga terjangkau melalui Tokopedia.

5. Mulailah fokus pada persiapan mudik

Bagi yang berencana mudik saat lebaran, manfaatkan promo kami untuk mendapatkan tiket pulang pergi murah agar uang THR Anda tetap aman. Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bali menjadi destinasi mudik terpopuler masyarakat yang membeli tiket pesawat melalui Tokopedia selama Ramadhan 2023. Sedangkan destinasi mudik naik kereta api yang paling laris di Tokopedia adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta. dan Surabaya, kata Rizki.

Pilihan Editor: Tips mengelola THR cair saat ini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *