Internet RI No. 17 Termurah di Dunia, Kata Pakar IT

Bisnis177 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Heru Suthadi pakar IT dari ICT Institute menanggapi hasil kajian dari website kabel yang membandingkan tarif. Internet Termurah per 1 gigabyte (GB) di seluruh dunia. Hasil penelitian tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat ke-17 Tarif internet Termurah di dunia dengan harga internet rata-rata US$ 0,28 per GB (setara Rp 4.357 pada Rp 15.561 per dolar AS).

Menurut Heru, perbandingan tarif internet di Indonesia harus dilakukan secara detail. Faktanya, pemerintah sendiri tidak pernah membeberkan angka pasti rata-rata tarif industri telekomunikasi di Indonesia.

Saat dihubungi pada Kamis, 16 November 2023, Heru mengatakan, “Sulit memang mengatakan internet di Indonesia murah atau masih mahal.”

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali tarif promosi di Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus melihat tarif rata-rata. Karena saya mengukur menggunakan tarif PromosiTentu saja harganya akan lebih murah.

Heru mencontohkan, rata-rata rumah tangga menggunakan kecepatan 50 megabyte per second (Mbps) yakni sekitar Rp 500 ribu per bulan. Harga ini untuk operator kelas atas. Sedangkan rata-ratanya Rp 250-300 ribu per bulan.

“Bisa Rp 150 ribu, kecuali Anda punya penyedia layanan internet yang kecepatannya tidak bisa diprediksi, sering crash, melambat dengan cara yang berbeda-beda,” kata Heru.

Belum lagi, pengguna internet bisa menyiapkan uang untuk layanan tersebut. pita lebar Internet untuk informasi. Rata-rata pengguna kini menghabiskan sekitar Rp 100 ribu per bulan.

Menurut Heru, terkadang peneliti asing hanya melihat satu harga tanpa mengkaji harga yang dibayar masyarakat Indonesia untuk menggunakan layanan tersebut. pita lebar. “Ini mungkin memerlukan kritik terhadap laporan atau penelitian asing,” katanya.

Dia menunjukkan bahwa penting untuk mengandalkan sisi Keseimbangan daya beli (Purchasing Power Balance) di setiap negara termasuk Indonesia. Hal ini dapat membuat harga internet di Inggris menjadi lebih mahal, misalnya karena masyarakat di negara tersebut memiliki pendapatan bulanan yang lebih tinggi.

Baca Juga  Tokyo Midtown Yasu, kawasan komersial termahal di Tokyo, akan menjadi pusat terminal paling strategis.

Berikutnya: Sementara di Indonesia, upah minimum regional…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *