Imbalan janji pemberantasan korupsi dari digitalisasi hingga koruptor Nusakambangan

Bisnis350 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden Menghadiahkan Pranowo mencontohkan beberapa strategi pemberantasan korupsi jika memenangkan Pilpres 2024. Ganjar menyebut akan melakukan digitalisasi sistem keuangan dan membatasi transaksi uang.

“Pertama, sistem keuangan bisa didigitalkan dan tabungan bisa dilakukan dengan mendigitalkan tabungan. Transaksi tunai sulit dilacak sehingga harus ada pembatasan. Kalau tidak salah harusnya komitmen 100 juta,” kata Ganjar saat acara penguatan antikorupsi Paku Integritas di Gedung KPK, Rabu malam, 17 Januari 2024.

Menurut Ganjar, anggaran elektronik Dalam birokrasi, sistem pemerintahan akan bersifat wajib. Selain itu, transparansi juga harus dilakukan agar sumber anggarannya jelas.

Transparansi dalam birokrasi adalah suatu keharusan, dan tentunya transparansi anggaran, transaksi yang jelas asal usulnya, dan anggaran sampai ke pelaksana harus dikontrol oleh pimpinan puncak, kata Ganjar. “Ini dashboard yang dibutuhkan setiap hari, pemimpin bisa langsung melihat pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Selain itu, Ganjar akan menerapkan sistem koordinasi antarlembaga yang sudah ada. Menurutnya, penegak hukum harus menegaskan kewenangannya untuk menjalankan independensinya.

“APH mempunyai wewenang penuh untuk melakukan penyidikan guna mengembalikan independensi KPK. Ganjar mengatakan, “KPK bersifat independen dan penting untuk menjaga independensi dan integritas KPK agar tidak ada pihak yang melakukan tindak pidana. mengganggu.”

iklan

Tak hanya itu, Ganjam juga mendorong proses transparansi publik yang bebas dari intimidasi penegak hukum dengan melibatkan kejaksaan dan kepolisian. Salah satu sistem yang digunakan adalah LHKPN.

“Penguatan LHKPN diatur dengan sistem berbasis masyarakat yang menjamin kerahasiaan, yaitu anonim dan Berdasarkan bukti Dan tentu saja itu terjadi.”

Sementara itu, Ganjar mengatakan pedoman antikorupsi harus didorong untuk mengendalikan konflik kepentingan. “Kalau tidak dihalang-halangi, justru akan memiskinkan koruptor. “Saya kira Nusakambangan adalah tempat terbaik untuk itu,” kata Ganjar.

Baca Juga  Metode pembayaran nirsentuh akan diuji bulan depan.

Pilihan Editor: Gebrakan pemerintahan Jokowi mampu menampung 61.000 jamaah di masjid IKN



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *