Hasil Piala Asia AFC 2023: Timnas Indonesia vs Irak, Babak Pertama 1-2

Bisnis516 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Hasil laga babak pertama Indonesia melawan timnas Irak di Grup D Piala Asia 2023 Berakhir 1-2 di Stadion Ahmed Bini Ali, Doha, Qatar pada Senin 15 Januari 2024.

Mohanad Ali mencetak gol pembuka Singa Mesopotamia pada menit ke-17. Tim Garuda berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Marcelino Ferdina pada menit ke-36, namun Irak mampu mengakhiri babak pertama melalui gol Osamah Jabbar ke gawang Hernando Ari pada menit ke-45+7.

Jalannya pertandingan

Peluang emas pertama didapat Indonesia pada menit keempat. Terjadi kegaduhan dari lemparan jauh Prathama Arhan dan bola jatuh ke kaki Marcelino Ferdina. Ia melakukan pukulan lob yang masih berhasil menghasilkan tendangan gawang.

Irak mengancam gawang Indonesia pada menit ke-13. Ali Jassim mengambil tendangan sudut dan membuat kekacauan di kotak penalti Indonesia hingga bola ditendang. Bola liar berhasil dilempar ke depan.

Mohanad Ali Hussain Ali merayakan gol pertamanya pada pertandingan Grup D Piala Asia AFC antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmed Bin Ali di Al Rayyan, Qatar pada 15 Januari 2024. REUTERS/Ibrahim Al Omari

Mohanad Ali mencetak gol pembuka Singa Mesopotamia pada menit ke-17. Ia sukses melewati kiper Elkan Bagot, lalu melepaskan tembakan keras yang tak mampu diblok Hernando Arri. Mencetak gol 1-0 untuk keunggulan Irak.

Tiga puluh menit memasuki babak pertama, permainan berlangsung lambat. Irak mendominasi penguasaan bola dengan 76 persen penguasaan bola, sedangkan Indonesia lebih mengandalkan serangan balik cepat yang dilakukan Jacob Sayuri dan Rafael Struck.

Pada menit ke-36, pasukan Merah Putih berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Marcelino Ferdinand. Yacoub Sauri berhasil melewati salah satu bek Irak di sisi kanan dan mengirimkan umpan datar ke tiang jauh yang disambut Marcelino. Skor sementara adalah 1-1.

Baca Juga  Kilatan Rektor kepada Uni yang melaporkan mahasiswa yang mengkritisi UKT Tinggi

iklan

Marcelino Ferdinand dari Indonesia mencetak gol pada laga Grup D Piala Asia AFC, Indonesia vs Irak di Stadion Ahmed Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, 15 Januari 2024. REUTERS/Ibrahim Al Omari

Usai menyamakan skor, tak ada perubahan pada permainan skuad Garuda. Pelatih Shin Taeong nampaknya menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain di lini pertahanan yang tinggi dan memperkecil jarak antar lini. Situasi ini membuat Irak kesulitan mengoper bola dari tengah dan banyak melakukan umpan-umpan panjang yang tidak efektif.

Jelang babak pertama berakhir, Irak kembali beberapa kali mengancam. Osamah Jabbar kembali memberi Irak keunggulan melawan Indonesia sebelum jeda. Babak pertama berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Singa Mesopotamia.

Daftar pemain

Indonesia: Hernando Ari; Asnawi Mangwalam, Rizky Rideau, Jordi Amat, Elkan Bagot, Pratama Arhan; Jacob Sayuri, Justin Huner, Ivar Jenner, Marcelino Ferdinand; Raphael Strock.

Irak: Jalal Hassan; Suad Natiq, Ali Adnan, Hussain Ali Haider, Merchas Doski; Amir Foad, Ibrahim Bayesh, Zidan Iqbal, Ali Jasim, Osamah Jabbar; Mohanad Ali

Pilihan Editor: Roberto Mancini mengkritik pemain Arab Saudi yang menarik diri dari skuad Piala Asia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *