Gedung MK MW rencananya berada di kawasan Ring 1, Ring 1 itu apa?

Bisnis205 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawatt Soekarnoputri mengenang kembali berdirinya Mahkamah Konstitusi atau MK yang terjadi pada masa kepemimpinannya.

Katanya, hal ini terkait dengan keadaan MK yang menurutnya terlibat dalam rekayasa hukum. Saat itu, Ketua Umum PDIP rencananya akan ditempatkan di area ring 1 gedung MK.

Megawati dalam pidatonya yang ditayangkan di YouTube PDIP mengatakan, “Sebagai Presiden, saya bersama Mensesneg menggeledah sendiri gedung tersebut dan saya harus berada di dekat Istana, tempat yang sangat strategis bernama saluran Ring 1”. Minggu, 12 November 2023.

Apa itu Dering 1?

Istilah Ring 1 terdapat dalam Peraturan Menteri Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Identifikasi PIN untuk Keamanan Presiden dan Wakil Presiden serta Keluarganya di Tingkat Kepala Negara, Termasuk Tamu Negara. . Negara Bagian/Markas Besar. Pada Pasal 1 dijelaskan Ring 1 merupakan batas kawasan keamanan Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya, termasuk tamu daerah setingkat Kepala Negara, dibatasi dengan paspor dan dibagi dalam zona tertentu.

Untuk menciptakan kondisi keamanan yang lebih tinggi, sebaiknya kawasan Ring 1 dijaga ketat oleh aparat penegak hukum. Tak heran, kawasan ini dijaga oleh petugas bersenjata. Sebab, keselamatan setiap petugas di kawasan Ring 1 menjadi prioritas utama. Kategori kawasan Ring 1 adalah Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Merdeka, Istana Negara, Gedung Kantor Presiden, Gedung Kantor Presiden, Wisma Negara, Gedung Kantor Sekretariat Presiden, Istana Wakil Presiden, dan Gedung Kantor Wakil Presiden.

Masyarakat dilarang memasuki kawasan Ring 1 tanpa izin. Peristiwa ini terjadi pada Minggu, 21 Februari 2021. Sekelompok besar pengendara sepeda motor berkumpul di Pasampress di Jalan Veteran III belakang Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Jalan di sekitar Istana ditutup sejak pukul 06.00 karena anggota PASSAMPS sedang melakukan operasi pengamanan di Kantor Wakil Presiden. Namun para pengendara sepeda motor bertekad untuk menerobos.

Baca Juga  Perencana keuangan ini membagikan 5 tips mengatur keuangan Anda: Gunakan konsep SMART

iklan

Aksi penghentian tersebut terekam kamera dan beredar di kalangan massa. Dalam adegan yang menonjol, salah satu polisi terlihat menodongkan pistol dan memukul salah satu sepeda motor hingga terjatuh. Asisten Intelijen Pasampress Letkol Inf. Wisnu Herlambang mengatakan, tindakan tersebut sudah sesuai aturan. Sebab, pengendara sepeda motor sudah membobol area VVIP di sekitar Istana Presiden, ujarnya. Paspamres kemudian mengambil tindakan untuk melindungi instalasi VVIP. Passpumps melumpuhkan pengemudi tanpa peralatan.

“Kalau dia hanya ditendang, dia tidak akan memukul. Dan sebenarnya ini adalah langkah yang paling mudah. Wisnu mengatakan kepada wartawan, Jumat, 26 Februari 2021, “Sebenarnya kalau masuk VVIP aturannya adalah menembaknya, karena dia mengancam akan menembak dan melumpuhkannya.”

Perwakilan pengendara sepeda motor yang melewati Ring 1 belakang Istana Kepresidenan mendatangi Kantor Komando atau Mako Passempres pada Senin, 1 Maret 2021. Tujuan mereka adalah meminta maaf atas pelanggaran lalu lintas dan menyiarkan video. Ditendang oleh Paspumps. Halid pun meminta maaf kepada masyarakat Indonesia karena telah menimbulkan kekacauan dalam video tersebut

“Saya sebagai perwakilan rekan-rekan meminta maaf sebesar-besarnya kepada Paspumps. “Kami tidak ada niat untuk merusak citra Paspump dan mengintimidasi VVIP di sekitar Ring 1,” kata Juru Bicara Pesepeda Halid Darmawan, Senin, 1 Maret 2021.

HENDRIK KHOIRUL MUHID | Uni Rohmawati | DEWI NURITA
Pilihan Editor: Pakar politik bilang Megawati dan Jokowi berpisah



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *