Ganjar Pranov mengajukan perkara perselisihan pemilu presiden langsung ke Mahkamah Konstitusi

Bisnis50 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon Presiden nomor tiga; Menghadiahkan Pranov akan langsung menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Calon gabungan PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura itu mengatakan, Insya Allah (akan ikut menyampaikan laporan ke Mahkamah Konstitusi).

Ganjar menyiarkannya di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Jalan Tuk Umer, Menteng, Jakarta Selatan pada Rabu 20 Maret 2024. Ia mengakhiri puasanya bersama calon wakil presiden Mahfud MD dan jajaran tim pemenangan nasional. (TPN) serta relawan.

Menurut Ganjar, pihaknya siap menghadapi hasil pemilu presiden yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tim kuasa hukum kami juga sudah siap. Nanti kita ikuti prosesnya, Insya Allah teman-teman semua sudah siap,” kata eks administrator Jawa Tengah itu.

Diketahui, pasangan Ganjar-Mahfud akan menempati posisi terakhir pada Pilpres 2024. Pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, meraih 58 persen suara di Tanah Air.

Meski demikian, Ganjar mengaku akan menunggu waktu yang tepat untuk mengajukan perkara tersebut ke Mahkamah Konstitusi. “Insyaallah. Ya sesuai jadwal MK kita ikuti saja,” kata Ganjar.

Selain itu, ia mengatakan partainya akan menyikapi permasalahan yang muncul saat proses pemilu dan penghitungan suara. “Nanti kita ikuti prosesnya, Insya Allah teman-teman semua sudah siap. Tinggal menunggu waktu saja, jam berapa nanti, jawaban-jawaban itu akan kita berikan,” ujarnya.

Sementara itu, Mahfud MD dari tim kuasa hukum TPN Ganjar-Mahfud juga menyiapkan saksi untuk dihadirkan ke Mahkamah Konstitusi. Hal ini disiapkan Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud Todung Mulia Lubis. “Informasinya sudah siap. Itu mantan Menko Polhukam Pak Todung dan kawan-kawan.

iklan

Di hari pengumuman hasil pemilu, Ganjar dan calon wakil presiden Mahfud MD berbuka puasa bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN) dan pendukungnya. Ganjar menyampaikan pesan kepada mereka tentang pelaksanaan pemilu 2024.

Baca Juga  Penyerangan Saipul Jameel dan asisten polisi: Informasi pengedar narkoba dan mobil yang menabrak warga

“Semuanya tetap berhubungan, tetap semangat. Informasi, fakta, bukti, kebenaran terkait pemilu dan tentunya membantu masyarakat. “Itu yang terpenting,” kata Ganjar.

KPU telah menetapkan hasil penghitungan ulang perolehan suara nasional pada pemilu presiden, pemilu legislatif, dan dewan perwakilan negara. Berdasarkan keputusan KPU, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto atau Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut menang pada Pilpres 2024.

Berdasarkan penghitungan ulang yang dilakukan KPU, pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara. Kemudian di posisi kedua ada pasangan calon nomor urut 1 Anis-Muhaimin yang memperoleh 40.971.906 suara. Sedangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih 27.040.878.

Pilihan Redaksi: Pilihan Sah Hasil Restorasi KPU 2024: PSI, PPP, Perindo, Gelora dan Hanura tak lolos ke DPR.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *