Ganjar Gibran adalah calon wakil presiden dari Prabowo, namun menurutnya Jawa Tengah akan tetap seperti banteng.

Bisnis173 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden Menghadiahkan Pranovo mengatakan Jawa Tengah akan tetap menjadi sarangnya, sebuah istilah yang identik dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, atau PDIP, meskipun Gibran Rakabuming Raka bersekutu dengan Prabowo Subianto. Putra Presiden Joko Widodo, Gibran, saat ini menjabat Wali Kota Solo.

Pengumuman itu disampaikan Ganjar saat menghadiri penggabungan tim pemenangan Ganjar-Mahfud Jawa Tengah di Stadion Jatidiri Semarang pada Sabtu, 4 November 2023. “Jawa Tengah sampai saat ini bull boom. Bull boomnya makin kuat,” tuturnya. Ia merupakan penguasa Jawa Tengah selama dua periode pada saat deklarasinya.

Menurutnya, karakter banteng semakin kuat jika disakiti. “Banteng jangan pernah menangis, karena kalau kena banteng, dia tidak menangis, dia marah. Tapi tolong jangan terlalu marah,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Agustina Wilujeng, Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Jateng. Dia mengatakan, kepergian putra Presiden Joko Widodo ke kubu Prabowo tidak akan mempengaruhi jumlah pemilih Ganjar-Mahfud.

“Dampaknya terhadap pemilu kecil. Jateng maaf bullpen tidak bisa diubah dalam waktu singkat,” ujarnya.

iklan

PDIP meraih 26 dari 77 kursi DPR yang diperebutkan di daerah pemilihan Jawa Tengah. Menyusul posisi tersebut, Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB mengalokasikan 13 delegasi ke Sanayan, 11 delegasi ke Golkar, dan 8 delegasi ke Gerindra. Banyak partai lain yang memperoleh sedikit kursi.

Mengenai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah, dari 120 kursi; PDI Perjuangan Partai ini memperoleh 42 kursi, disusul PKB dengan 20 kursi. Sedangkan Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS 10 kursi, Partai Persatuan Pembangunan atau PPP 9 kursi, Partai Amanat Nasional atau PAN 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, dan Partai Nasdem 3 kursi.

Baca Juga  Wali Kota Depok meninjau peruntukan gedung eks SDN Pondok Cina 1 di Margonda.

Pilihan Redaksi: Ganjar Pranowo: Distributor PDIP Hadapi Banteng

Selalu update informasi terbaru. Simak berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *