Fungsi dan Wewenang Mahkamah Internasional Berbeda dengan Mahkamah Pidana Internasional

Bisnis247 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPengadilan Internasional Atau Mahkamah Internasional (ICJ) akan membacakan pada 26 Januari 2024 pukul 13.00 Den Haag terkait kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel di Gaza di Den Haag, Belanda. Pembacaan resolusi tersebut akan disiarkan langsung oleh PBB di situs UN WebTV.

Apa itu Mahkamah Internasional dan fungsinya?

Mahkamah Internasional adalah badan peradilan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (Persatuan negara-negara). Lembaga peradilan ini didirikan pada bulan Juni 1945 berdasarkan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mulai bekerja pada bulan April 1946. Mahkamah Internasional berkedudukan di Istana Perdamaian di Den Haag, Belanda.

Mahkamah Internasional adalah salah satu dari enam organ utama Perserikatan Bangsa-Bangsa dan satu-satunya organ utama yang tidak berlokasi di New York, Amerika Serikat. Lembaga peradilan ini berdasarkan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, Bab 4, Pasal 92-96, dan mempunyai kedudukan yang unik dibandingkan lima organ utama Perserikatan Bangsa-Bangsa lainnya.

Mahkamah Internasional terdiri dari 15 orang hakim dan 2 orang sebagai ketua dan wakil ketua. Ia dipilih untuk masa jabatan sembilan tahun oleh Majelis Umum PBB dan Dewan Keamanan. Ini adalah pendaftaran, badan pengelola. Bahasa resmi pengadilan adalah bahasa Inggris dan Perancis.

Peran Mahkamah Internasional adalah menyelesaikan perselisihan internasional sesuai dengan hukum internasional. Perselisihan dapat diselesaikan secara damai dan kekerasan dilarang. Oleh karena itu, negara-negara yang bersengketa tidak perlu menyelesaikan perselisihannya dengan kekerasan.

Menurut Jurnal Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura, fungsi utama Mahkamah Internasional adalah menyelesaikan perselisihan internasional termasuk perselisihan internasional dan hal-hal lain dalam lingkup norma internasional.

Fungsi Mahkamah Internasional diatur dalam Statuta Mahkamah atau Statuta ICJ dan Bab XIV Piagam PBB:

  • Mengadili perselisihan atau perselisihan antar negara, ketika para pihak sepakat untuk menyerahkan perselisihannya ke Mahkamah Internasional.
  • Memberikan nasihat atau pendapat hukum kepada Majelis Umum PBB dan badan-badan khusus PBB lainnya mengenai masalah hukum.

    iklan


  • Mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan terhadap mereka yang mengabaikan keputusan Mahkamah Internasional.

Apa perbedaan antara Mahkamah Internasional dan Pengadilan Kriminal Internasional?

Pengadilan Pidana Internasional Atau ICC didirikan pada tahun 2002. Seperti ICJ, ICC berkedudukan di Den Haag. ICC merupakan pilihan terakhir ketika pengadilan dalam negeri gagal memutus suatu kasus.

Meskipun ICJ dapat menangani kasus hukum antar negara, ICC hanya dapat mengadili dan mengadili individu yang bertanggung jawab atas kejahatan berat terhadap kemanusiaan yang menjadi masalah komunitas internasional.

ICC juga menangani kasus-kasus pidana dan dapat mengadili para pelaku kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan genosida. Masing-masing tindak pidana tersebut mempunyai arti yang berbeda-beda di mata hukum. Jaksa ICC harus membuka atau memulai suatu kasus. Sekadar informasi, Amerika Serikat, Rusia, dan Israel bukan anggota ICC.

Michelle Gabriella | Nabi Azahra ANDIKA DWI

Pilihan Editor: Keputusan Mahkamah Internasional Hari Ini, Timeline Afrika Selatan dalam Kasus Genosida Israel di Gaza



Quoted From Many Source

Baca Juga  Menurut para ahli, tanda-tanda itu menunjukkan bayi tidak mendapat ASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *