Erupsi Gunung Ile Lewetoloc Meningkat, Namun Energi Seismik Menurun: PVMBG

Bisnis66 Dilihat

TEMPO.CO, KupangGunung Ile Leotolok di Nusa Tenggara Timur menunjukkan peningkatan erupsi yang signifikan pada paruh pertama Februari sejak erupsi pada bulan Januari, menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Petugas observatorium gunung berapi PVMBG Ile Levotolok Stanis Ara Kian melaporkan pada hari Minggu bahwa gunung berapi tersebut telah mencatat 821 letusan antara 1 dan 15 Februari, naik dari 784 dalam dua minggu sebelumnya.

Pada Februari, Ile Levotolok menimbulkan 2.503 gempa susulan, 24 gempa harmonik, dan 589 gempa anomali.

Qian mengatakan, berdasarkan pengamatan instrumen, gunung berapi yang saat ini aktif tahap II ini telah mengalami dua kali gempa vulkanik dangkal, 24 kali gempa vulkanik dalam, lima kali gempa tektonik lokal, dan 13 kali gempa tektonik jauh.

Ia juga mengatakan, jumlah gempa bumi khususnya di permukaan semakin meningkat.

Tren tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar aktivitas vulkanik di gunung tersebut berada pada kedalaman yang dangkal.

Namun Kian Ile Levotolok mengatakan aktivitas kegempaan mulai melemah pada periode 1-15 Februari.

“Dari hasil pengukuran amplitudo seismik real-time, kekuatan gempa pegunungan tersebut mengalami penurunan dalam dua minggu terakhir,” ujarnya.

Ia mengatakan, meski daya seismik gunung berapi tersebut menurun, namun tidak mengalami perubahan tekanan yang signifikan pada tubuhnya.

“Data observasi menunjukkan inflasi pada tubuh pegunungan Ele Levotolok dapat diabaikan. Oleh karena itu, tidak ditemukan tekanan yang berarti pada tubuh pegunungan tersebut,” ujarnya.

di antara

Pilihan Editor: Macron dari Prancis membuka pintu untuk mengakui negara Palestina

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Istana Oposisi Sekda Takalar, Jokowi Tunjuk Jutaan PNS Jika Menangkan Prabowo-Gibra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *