Diagram KPU Sirekap Hilang, Juru Bicara Ganjar-Mahfud Sebut Golongan 03 dan PDIP Mungkin Terdampak

Bisnis55 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md menjawab pertanyaan seputar diagram dan grafik perolehan pemilih pemilu 2024 dalam real count Sirecap KPU tiba-tiba menghilang. Menurut mereka, Sirecap sudah bermasalah sejak awal.

Direktur Hukum TPN Ganjar-Mahfud Persoalan Ronny Talapessy meliputi perolehan suara pada pemilu presiden, partai politik, dan calon legislatif yang tiba-tiba meningkat atau menurun secara signifikan. Untuk itu, penting adanya mekanisme untuk mengusut berbagai keraguan masyarakat terhadap penghitungan suara berdasarkan Sirecap, kata mereka. waktuRabu, 6 Maret 2024.

Dari sisi elektoral, kata Rony, kelompok Ganjar-Mahfud dan PDIP pasti bisa dirugikan. Siapa yang bisa dirugikan dengan sistem yang curang ini? “Kalau pemilu, kita 03 dan PDI Perjuangan pasti berpotensi dirugikan,” ujarnya.

Selain itu, Roni mengatakan, yang terdampak adalah masyarakat. Karena SireCapp dirancang untuk melibatkan masyarakat dalam melacak penghitungan suara pemilu. Segala sistem yang buruk dan tidak berfungsi pasti akan menimbulkan pertanyaan dan keraguan dari masyarakat.

“Jadi itu yang harus diingat tentang tujuan SireCap dan anggarannya berasal dari APBN. Ujung-ujungnya wajar kalau masyarakat meminta dan memohon agar dilakukan penyelidikan atas apa yang terjadi di SireCap,” kata Rony.

Roni juga mengatakan, permasalahan utama pada Pemilu 2024 berawal dari kesalahan Mahkamah Konstitusi (MK) dan penunjukan orang tertentu oleh KPU. Oleh karena itu, saya memahami jika ada yang mengatakan ini pemilu paling brutal sejak era reformasi 1998, ujarnya.

Ronnie menilai pemilu kali ini tidak jauh berbeda dibandingkan pada masa orde baru. Kemiripannya, meski tak digelar pemilu, masyarakat sudah tahu siapa pemenangnya. “Itulah yang ditampilkan dalam film Dirty Vote.”

iklan

Semuanya, menurut Ronnie, terorganisir, sistematis, dan masif alias TSM. Beliau juga mengatakan bahwa demokrasi kita saat ini berada di ambang jurang.

Baca Juga  Istana Oposisi Sekda Takalar, Jokowi Tunjuk Jutaan PNS Jika Menangkan Prabowo-Gibra

“Kedaulatan rakyat terancam karena penguasa cenderung otoriter,” kata Rony.

Melaporkan dari waktuHingga Selasa, 5 Maret 2024 pukul 20.50 WIB, grafik penghitungan suara Pilpres yang terpampang di laman KPU Sirekap telah dihapus. Juga disertai diagram hasil perolehan suara pemilu legislatif DPR RI, DPRD dan DPD RI. Biasanya, ketika masyarakat mengakses shirecap, mereka akan melihat diagram berbentuk lingkaran atau batang yang menunjukkan perolehan suara masing-masing pemilih.

Tak hanya itu, di bagian bawah terdapat informasi mengenai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang memuat data perolehan suara di Sirecap. Data jumlah TPS yang dimasukkan dalam diagram perolehan pemilih dan data formulir Model C1-Plano tidak ditampilkan.

Bentuk model C1-Plano hanya dapat dilihat oleh masyarakat hanya di TPS-TPS yang terdapat di TPS tersebut, baik di menu pemilu presiden, pemilu legislatif DPR RI, DPRD daerah DPRD Kabupaten/Kota dan juga DPD RI.

Pilihan Redaksi: Diagram Sirekap KPU Hilang, Tuntutan Demokrasi: Malah Menambah Polemik.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *