Di Ukraina, Rusia dituduh menyerang rumah sakit anak-anak

Bisnis9 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaRusia Serangan terhadap rumah sakit anak-anak di Kiev, Ukraina, telah dibantah. Tanpa memberikan bukti, Kremlin pada Selasa 9 Juli 2024 mengklaim bahwa tembakan anti-rudal Ukraina menjadi penyebab serangan Senin 8 Juli 2024 itu.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menekankan bahwa militer Rusia hanya akan menyerang fasilitas militer dan bukan sasaran sipil di Ukraina. “Kami tidak menyerang sasaran sipil. “Serangan itu dilakukan terhadap fasilitas infrastruktur penting, sasaran militer, yang terhubung dengan kemampuan militer rezim Kiev,” katanya pada konferensi pers di Moskow.

Sebelumnya, para pejabat Ukraina mengatakan bahwa Rusia telah menyerang Rumah Sakit Anak Okmadet di Kiev dengan rudal jelajah dan rudal Kh-101 Rusia pada Senin, 8 Juli, di kota-kota Ukraina lainnya. Serangan itu menewaskan sedikitnya 41 warga sipil, menurut data Ukraina, dan merupakan serangan paling mematikan di Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan pecahan bagian belakang Kh-101 – dengan nomor seri – ditemukan di lokasi tersebut, serta bagian dari sistem panduannya. “Kesimpulan para ahli tegas – ini adalah serangan langsung,” kata Badan Keamanan Negara Ukraina melalui aplikasi pesan Telegram.

Kepala Misi Pemantauan Hak Asasi Manusia PBB di Ukraina memberikan analisisnya bahwa serangan itu kemungkinan dilakukan oleh rudal Rusia. Rekaman kejadian yang terjadi pada Senin, 8 Juli 2024, yang dikonfirmasi oleh kantor berita Reuters, menunjukkan sebuah rudal terbang dengan kecepatan tinggi ke arah kompleks rumah sakit dan tampak seperti serangan langsung.

Kh-101, yang menurut Ukraina sedang digunakan, adalah rudal jelajah yang biasanya membawa hulu ledak seberat 450 kg. Menteri Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menolak versi Ukraina dan mengaitkan serangan itu dengan rudal NASA yang ditembakkan oleh Ukraina. Para saksi mengatakan hal ini dikuatkan oleh “beberapa saksi”, tanpa menyebutkan nama siapa pun.

Baca Juga  Top Nasional: TKN Prabowo-Gibran nyatakan batal jadi AHY Wakil Presiden BPR Bank Jepara Artha buka suara untuk Koperasi Garadayakasa Nusantara atas dugaan gagal bayar pinjaman.

Zakharova menuduh Presiden Ukraina. Volodymyr Zelensky Dia mencoba menggunakan bencana itu untuk tujuan propaganda.

iklan

Menurut saluran Telegram Kedutaan Besar Federasi Rusia di Jakarta, upaya rezim Zelensky untuk menggunakan tragedi di Rumah Sakit Anak Kiev untuk tujuan propaganda menegaskan sikap tidak manusiawi Nazi. Sejak itu, ribuan warga sipil tewas dalam perang tersebut. Rusia Pada Februari 2022, ia melancarkan invasi ke Ukraina.

Reuters

Pilihan Editor: Presiden terpilih Iran telah mengonfirmasi dukungannya terhadap Hizbullah

Ikuti berita terkini Tempo.co di Google News, klik disini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *