Dari Kejadian Batik Air: Autopilot Bukan Sistem Penerbangan Mobil, Begini Penjelasannya.

Bisnis26 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Insiden percontohan Batik Air Ia tertidur kemudian co-pilot pada penerbangan Kendari-Jakarta pada 25 Januari 2024 ikut tertidur dan membantu mempopulerkan sistem tersebut. Pilot otomatis Di pesawat bermesin jet. Sistem ini tidak berdiri sendiri dalam pengendalian pesawat terbang namun merupakan bagian dari sistem auto flight.

Autopilot merupakan salah satu dari beberapa komponen kunci AFS, termasuk pada pesawat Airbus A20 – Pesawat Batik Air saat kejadian tersebut terjadi. Komponen penting lainnya dari sistem penerbangan otomatis adalah sistem manajemen penerbangan dan sistem otomasi.

Autopilot dirancang untuk mengontrol sikap, ketinggian, dan arah pesawat secara otomatis. Autopilot pada Airbus A320 menggunakan informasi yang diberikan oleh Flight Management System (FMS) untuk mengikuti jalur penerbangan yang telah ditentukan.

Menjelaskan AFS pada Airbus A320, sebuah pernyataan dari situs Termaviation mengatakan hal itu “membebaskan pilot dari mengemudikan pesawat secara manual selama fase penerbangan tertentu.”

Autopilot memiliki beberapa mode seperti mode arah penerbangan, mode penahan ketinggian, mode kecepatan vertikal, dan mode navigasi. Setiap mode memiliki tujuan tertentu dan memungkinkan autopilot beradaptasi dengan kondisi dan kebutuhan penerbangan yang berbeda.

Selama penerbangan stabil (Pelayaran), autopilot biasanya mengaktifkan mode kontrol ketinggian dan arah, yang memastikan bahwa pesawat mempertahankan arah dan ketinggian yang diinginkan. Dengan sistem autopilot yang lebih canggih, mode navigasi juga dapat disertakan.

Tujuan dari yang terakhir adalah untuk memungkinkan autopilot melacak jalur penerbangan yang dipilih dan secara otomatis memperoleh dan mengikuti sinyal seperti VOR (VHF Omnidirection Radio Range) atau ILS (Instrument Landing System).

iklan

Penting untuk dicatat bahwa, selain menyederhanakan pekerjaan pilot dan meningkatkan stabilitas penerbangan, pilot tetap bertanggung jawab untuk memantau kinerja sistem autopilot dan melakukan penyesuaian atau pemantauan bila diperlukan.

Baca Juga  Ganjar Gibran adalah calon wakil presiden dari Prabowo, namun menurutnya Jawa Tengah akan tetap seperti banteng.

“Autopilot adalah sebuah perangkat, namun pilot tetap bertanggung jawab atas keselamatan pengoperasian pesawat,” kata Termaviation.

Komponen selain autopilot

Sistem manajemen penerbangan bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola rute penerbangan pesawat dengan menghitung rute paling efisien mulai dari lepas landas hingga mendarat. Sistem ini memperhitungkan banyak faktor seperti kondisi pesawat, cuaca, rute dan dukungan navigasi.

FMS menerima masukan dari pilot, rute, ketinggian, kecepatan yang diinginkan. Kemudian sistem menghitung parameter yang diperlukan untuk mengikuti sistem autopilot dan otomatis.

Sistem otomasi merupakan komponen AFS yang bertugas mengendalikan mesin pesawat secara otomatis sebagai respons terhadap masukan dari pesawat dan mode penerbangan yang dipilih.

Pilihan Editor: UI mengumumkan nama 34 calon anggota MWA yang berasal dari unsur kemasyarakatan, beberapa pejabat, dan komisaris.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *