Credit Rating Jepang Kembali Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di BBB+, Respons Gubernur BI?

Bisnis97 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Lembaga Pemeringkat Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) distandarisasi ulang Utang ATAU Peringkat kredit negara Republik Indonesia pada BBB+ (investment grade) dengan prospek stabil per 22 Maret 2024.

Sementara itu, JCR sebelumnya mempertahankan peringkat kredit negara Republik Indonesia di BBB+ dengan prospek stabil (dua tingkat di atas minimum investment grade) pada 27 Juli 2022.

Menanggapi hal tersebut, kepala negara Bank Indonesia (BI) Perry Wargio mengatakan JCR menilai kinerja perekonomian Republik Indonesia kuat.

Dari sisi eksternal, menurut Perry, JCR melihat perekonomian Indonesia tahan terhadap guncangan eksternal. “Hal ini didukung oleh cadangan devisa yang setara dengan 6,5 bulan. Imporujarnya seperti dikutip di Jakarta, Senin 25 Maret 2024. di antara.

Penanaman modal asing langsung (FDI) terus meningkat didukung oleh perbaikan iklim investasi dan kinerja perdagangan saat ini menghadapi tantangan dari penurunan harga komoditas.

iklan

Perry juga memperkirakan JCR akan mencapai 5 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024, yang ditopang oleh konsumsi swasta dan investasi. Penerapan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dinilai akan meningkatkan Penanaman Modal Asing (FDI), termasuk untuk pembangunan infrastruktur dan ibu kota negara Indonesia (IKN).

Sedangkan defisit fiskal akan kurang dari 3 persen PDB pada tahun anggaran 2022. Kredibilitas kebijakan fiskal akan tetap terjaga, antara lain dengan pelaksanaan reformasi perpajakan dan posisi belanja pemerintah.

Selain itu, defisit fiskal akan turun menjadi 1,66 persen (angka sementara) pada tahun 2023 dan tetap di bawah 3 persen pada tahun 2024.

Pilihan Editor: Berikut money changer lebaran di Jakarta dan jadwalnya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Hari Kekayaan Intelektual Sedunia diperingati setiap tanggal 26 April sejak awal berdirinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *