Caleg 2024 Berisiko Stres dan Gangguan Jiwa

Bisnis125 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Irvan Noor Fauzi, Dirjen RS Sayang Sianjur memberikan pelayanan dan ruang khusus bagi calon atau anggota legislatif. Calon legislatif Khawatir dengan kegagalan pemilu 2024. Selain itu, RSUD Sayang Sianjur juga memberikan layanan penunjang dokter spesialis seperti psikolog dan psikiater.

“Saat ini hanya tersedia satu kamar dengan dua tempat tidur. Hal itu dilakukan dalam rangka pengumpulan pelayanan dan informasi dalam lima tahun terakhir, banyak calon legislatif yang membutuhkan bantuan psikologis,” ujarnya pada Senin, 13 November 2023.

Melaporkan dari di antaraAni Ruspitawati, Kepala Dinas Kesehatan Diki Jakarta (DINKS), mengatakan pihaknya akan membuka layanan kesehatan jiwa di Diki Jakarta. Pelayanan kesehatan ini merupakan perkiraan bagi pemilih yang mungkin mengalami gangguan jiwa jika tidak terpilih pada pemilu 2024.

“Jika ada peserta pemilu, calon legislatif (Perguruan Tinggi) atau kelompok sukses (Timses) yang stres karena kegagalan masalah kesehatan mental atau kejiwaan dan membutuhkan bantuan psikologis, kami siap. Mereka tersebar di 25 puskesmas. Se-DKI Jakarta dan di 13 Center yang berada di rumah sakit daerah,” kata Kepala Dinas Kesehatan DK Jakarta (DINKS) Ani Ruspitawati saat ditemui di Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024. Salah satu rumah rujukannya adalah RSUD Duren Sawit yang kini bernama RSKD Duren Sawit..

Alasan RSUD Sayang Sianjur memberikan layanan ini adalah untuk mengapresiasi pemilu 2019 dengan menerima calon legislatif penderita depresi yang memerlukan perawatan dan pengobatan khusus di rumah sakit tersebut. Sayangnya, informasi tersebut tidak terekam secara lengkap sehingga mereka belajar dari pemilu-pemilu sebelumnya.

“Bukan rahasia lagi kalau di setiap partai rakyat, banyak calon legislatif yang gagal mengalami kecemasan dan depresi mulai dari yang ringan sampai yang berat, namun datanya tidak lengkap sehingga pendataan pemilu tahun depan akan lebih lengkap,” ujarnya. Dengan begitu, Irvan juga akan memahami bagaimana para caleg bisa mengelola stres menjelang dan pasca pemilu mendatang.

Baca Juga  Mendirikan laboratorium bersama dengan Cominfo, Ant Group menawarkan Alipay Plus ke Indonesia

Dalam banyaknya kasus caleg yang stres di berbagai negara bagian di Indonesia, BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan tahun 2019 akan menanggung biaya pengobatan caleg yang tidak terpilih yang mengalami stres dan depresi pada pemilu mendatang.

Wakil Direktur Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Arief Syaifuddin Depresi yang ditanggung BPJS meliputi depresi ringan, sedang, dan berat dengan nilai Rp4,9 juta hingga Rp10,3 juta. Apabila calon legislatif terdaftar sebagai peserta BPJS dan membayar iuran secara rutin.

Selain Siangjur dan Diksi Jakarta, ada beberapa kota lain yang memberikan layanan kesehatan mental kepada calon legislatif yang mengalami depresi pada pemilu tahun lalu. Berikut beberapa sektor yang menyediakan layanan ini.

  • Rumah Sakit Jiwa Surabaya
    RSJ Menur Surabaya menerima pasien calon legislatif pada pemilu 2014 dan 2009 yang menderita gangguan jiwa. Adi Suito, Kepala Bagian Keperawatan Rumah Sakit Jiwa Munur, mengatakan calon legislatif yang ditolak akan ditempatkan di tenda khusus.
  • Rumah Sakit Jiwa Medan
    RSJ Mahoney telah menata empat ruang VIP dan enam ruang Kelas 1 untuk menjadi tempat penyembuhan bagi calon legislatif yang khawatir menghadapi pemilu 2019.
  • Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan
    RSJ di Jakarta Barat ini memberikan layanan kesehatan mental kepada calon legislatif yang cemas pada pemilu 2019. Dapat beradaptasi.
  • RSUD Kabupaten Tangerang
    Hilwani, Kepala Bidang Humas dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, menyelenggarakan layanan konseling psikologis bagi calon legislatif yang gagal pada pemilu 2024 di Tangerang. Hal ini diharapkan dapat memperkuat psikologi mentalnya agar tidak mudah depresi. Situasi ini sudah dipersiapkan, karena dalam proses pemilu legislatif, para calon legislatif kerap menghadapi kasus gangguan jiwa akibat kegagalan Partai Demokrat, ujarnya pada Kamis, 17 November 2023.
Baca Juga  Berikut adalah hal-hal penting dari acara Forum Air Dunia ke-10

Addinda Alia Izdihar | antara | Rachel Farahdiba REGAR | Lani Diana Wijaya | WIJANARKO Jujur | Edwin Fagerial

Pilihan Editor: RSKD Duren Sawit Jadi Rujukan Calon Legislatif yang Menghadapi Stres dan Gangguan Jiwa pada Pemilu 2024, Berikut Profilnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *