Beras Bansos Erlanga Hingga Juni di Kampanye Prabowo-Gibran, Politisasi Bansos?

Bisnis261 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) dan Ketua Umum Partai Golar Erlanga Hartarto pun ikut berkampanye. Bersama Capres dan Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah; Minggu, 28 Januari 2024. Dalam sambutannya, Airlangga mengajak para pegiat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memilih Prabowo-Gibran pada 14 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Erlanga menyinggung program bantuan yang diberikan pemerintahan Presiden Joko Widodo. “Program pemerintah Pak Jokowi hari ini adalah pembagian kartu sembako. Sudah terima belum?” Melalui Channel YouTube Gibran Rakabuming Minggu 28 Januari 2024 live streaming Tempo Erlanga “Pemerintah akan memberikan bantuan beras 10 kg hingga Juni.” Apakah Anda ingin menerimanya?

Erlanga berjanji memberikan bansos beras di tengah maraknya tuduhan bahwa kubu 02 meremehkan program beras pemerintah dengan memprioritaskan beras bansos untuk kepentingan politik. Namun, dalam pidatonya itu, Erlanga tidak secara pasti menyebut bansos 10 kg beras hingga Juni 2024 hanya akan disalurkan jika Prabowo-Gibra menang dan dibatalkan jika pasangan tersebut kalah.

Sebelumnya, Erlanga Prabowo-Gibran mengaku tidak menggunakan blog bansos tersebut untuk kampanyenya.

“Tidak ada program bagi pasangan calon mana pun yang menggunakan bantuan sosial pemerintah, tidak ada programnya,” ujarnya usai menghadiri acara Tadarus Al-Qur’an di Kota Bekasi, Kamis, 25 Januari 2024.

Airlangga mengatakan bansos merupakan program pemerintah. Kelompok Pemenangan Nasional (KPP) Prabowo-Gibran atau Ketua Panitia Koordinasi TKN memastikan tidak ada program calon nomor urut 02 yang menggunakan dukungan sosial pemerintah.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (BAPANAS) Arif Prasetyo Adi membantah pemberian bantuan sosial bermotif politik. Sesuai instruksi Presiden Jokowi, bantuan pangan terus berlanjut.

Baca Juga  Lagu ini hits FRI(END)SV BTS di Spotify, iTunes, dan Oricon Jepang.

“Ini tidak ada kaitannya dengan politik,” kata Arif pada 1 Januari lalu.

Namun politisasi bansos menjadi perbincangan. Terlebih lagi, Blog Stabilisasi Pasokan Pangan dan Harga (SPHP) beras setelah foto Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dibagikan dengan stiker Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, kata Maruf Amin, Wakil Presiden Platform Media Sosial X. Seharusnya lembaga pemantau pemilu mengusut tudingan bahwa masyarakat umum atau politisi membantu Ruse.

Maruf Amin mengatakan Kamis 25 Januari 2024 mengutip dari Antara, “Bawaslu harus mengambil (keputusan)” apakah ada pelanggaran atau tidak.

Sementara itu, Direktur Pusat Kajian Ekonomi dan Hukum (Silios) Bima Yudhistira mengatakan pemberian bansos beras sebaiknya dievaluasi di tingkat yang lebih tinggi. Sebab potensi terjadinya defleksi sangat besar. Dalam konteks politisasi bantuan sosial untuk kampanye, Bhima khawatir bantuan sosial akan menjadi alat penggalangan suara.

“Kami khawatir bantuan sosial akan diberikan kepada masyarakat miskin yang dianggap sebagai calon pemilih calon presiden dan wakil presiden yang menyalahgunakan bantuan sosial,” kata Bhima, Rabu, 24 Januari 2024.

Selain menyinggung soal beras bansos, Erlanga juga menyampaikan kegiatan Presiden Jokowi terkait pembangunan jalan tol dalam pidatonya hari ini. Erlanga Berkat pembangunan jalan tol pada masa pemerintahan Jokowi, perjalanan Jakarta-Semarang kini bisa ditempuh dalam 5 jam. Padahal, seperti yang dikatakan Erlanga tadi, ia membutuhkan waktu 10 jam perjalanan.

“Lanjutkan programnya? Apakah kamu ingin melanjutkan?” Erlanga bertanya.

Selain itu, Erlanga juga memperluas program kampanye Prabowo-Gibran berupa pendidikan gratis serta makan siang dan susu gratis kepada pelajar.

RIRI RAHAYU | Addinda Jasmin PRASETYO | Addy Warsono | ANISA FEBIOLA | RIANI SANUSI | di antara

Pilihan Editor: Dirut BRI mengatakan profesi baru ini tidak bisa digantikan oleh teknologi di masa depan.

Baca Juga  Laporan IQAir menemukan hanya 7 negara yang memenuhi standar kualitas udara Organisasi Kesehatan Dunia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *