Bendungan Katulampa Siaga 3. Warga Jakarta harus waspada karena hujan deras pada sore hari.

Bisnis229 Dilihat

TEMPO.CO, bogor – Di wilayah Bogor, khususnya wilayah tersebut, hujan deras turun merata akhirPada Rabu, 31 Januari 2024, siang hingga malam, debit Sungai Silung meningkat signifikan. Debit dan tinggi muka air (TMA) Sungai Siliung di kawasan Puncak dipantau melalui light board. Bendungan Catulampastatus sentuh atau alarm 110 cm3.

Petugas Pemantau Bendung Katulampa Andy Sudirman mengatakan, peningkatan debit Sungai Silwing disebabkan oleh hujan yang menggenangi kawasan Puncak. bogor Mulai pukul 14.30 dan seterusnya sangatlah sulit. “Wilayah Puncak sejak siang terus menerus diguyur hujan sehingga TMA Bendungan Katlampa hanya 30 sentimeter dari pagi hari, dan akhirnya pada pukul 16.00 TMA bertambah menjadi 110 sentimeter atau Siaga 3,” kata Andy, Rabu 31 Januari 2024. . .

Apabila tinggi air di Bendung Catulampa mencapai 100 sentimeter, berarti volume airnya berkisar 160 ribu liter per detik, sehingga aktif dalam silvikultur kategori tiga. “Jika hujan terus turun di kawasan Puncak, kita harus hati-hati karena bisa jadi tinggi air di Bendungan Katulampa akan meningkat, dan air sungai yang mengalir ke wilayah Jakarta juga akan meningkat,” ujarnya. .

Untuk itu, pihaknya berharap dan menghimbau kepada seluruh warga yang tinggal di bantaran Sungai Siliung dan rumahnya untuk mengetahui lebih jauh mengenai banyaknya air yang dapat menyebabkan banjir. “Kami berharap warga Jakarta sadar, meski hujan terus menerus terjadi di wilayah Bogor, khususnya di kawasan Puncak dan Depok, debit air di Sungai Silung akan semakin meningkat,” ujarnya.

iklan

Akibat curah hujan yang terus menerus terjadi di wilayah Bogor, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa pihak antara lain Pemerintah Kota Bogor, Depok, DKI, UPT Silung-Sisadane untuk memberikan update 24 jam mengenai cuaca dan ketinggian air Bendungan Katulampa. Hingga pukul 18.00 WIB, ketinggian air Bendungan Katulampa menunjukkan 110 sentimeter pertama atau kategori peringatan 3 hingga 70 sentimeter atau kategori peringatan 4. “Itu adalah ketinggian air Sungai Silung yang mengalir dari Bendungan Katulampapa. Diperkirakan mencapai Jakarta sekitar jam 10 sampai 13. Nanti.

Baca Juga  Perencana keuangan ini membagikan 5 tips mengatur keuangan Anda: Gunakan konsep SMART

Pilihan Redaksi: Siaga Banjir, BPBD DKI: Pintu Air Pos Sunter Hulu Diangkat Saat Peringatan 1



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *