Begini syarat melewati Tol Solo-Yogyakarta, puncak arus mudik minggu depan

Bisnis48 Dilihat

TEMPO.CO, Yogyakarta – tip Arus mudik Diperkirakan sepekan ke depan jatuh pada 6 dan 7 April 2024. Dinas Perhubungan Khusus Daerah (Dishub) Yogyakarta (DIY) memperkirakan jumlah pemudik yang masuk ke wilayah DIY akan meningkat sekitar lima persen pada libur lebaran tahun ini. libur Lebaran tahun lalu.

“Salah satu penyebab meningkatnya jumlah pemudik pada tahun ini karena kemudahan akses, khususnya sistem jalan tol Yogyakarta-Solo yang sudah berfungsi,” kata Plt Kepala Harian Dinas Perhubungan DIY Sumarioto, Jumat, 29 Maret 2024.

Sumarioto mengatakan pemberlakuan Tol Yoga-Solo secara bertahap akan mendorong masyarakat untuk beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi selama libur lebaran.

jalan Jalan tol Solo – YogyakartaRuas Tol Kartasura Sukoharjo-Ngawen Klaten diperuntukkan bagi pengguna jalan pada arus mudik Lebaran. Rachmat Jessiman, General Manager Humas PT Jasamarga Joja Solo, mengatakan tol tersebut akan dibuka dengan baik saat rombongan mudik.

Rachmat dalam keterangan resmi, Rabu, 27 Maret 2024 mengatakan, “Kami akan membuka operasional tol Yogya-Solo sepanjang 22 kilometer dari Karthasura (Sukoharjo) hingga Ngawen (Klatan).

Menurut dia, pengerjaan jalan tol fungsional untuk lalu lintas mudik akan dimulai pada 5-11 April 2024. Kemudian pada 12-15 April 2024 untuk arus balik. Jam efektif pembayaran adalah pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Mengingat tol tersebut masih dalam tahap pembangunan, pihaknya membatasi kecepatan kendaraan di tol tersebut hingga 40-50 kilometer per jam. Secara umum, kesiapan fungsional jalan tol tersebut telah mencapai 85 persen.

“Untuk libur lebaran kali ini, kendaraan yang menggunakan jalan tol masih digratiskan,” kata Rachmat.

iklan

Dia menjelaskan, saat penerapan tol tersebut, beberapa kendaraan petugas disiagakan untuk mengendalikan lalu lintas guna menghindari kemacetan.

Baca Juga  Idul Fitri, Bahlil Lahadiya mengatakan urusan politik sudah selesai

Ia mencontohkan, ada beberapa keuntungan yang didapat pemudik saat melintasi tol, yakni memudahkan pemudik menikmati pemandangan dan mempersingkat waktu tempuh.

“Bisa sampai 50 menit kalau lewat arteri Cartesura ke Clatton, tapi bisa 25 menit kalau lewat tol fungsional. Jadi bisa dipotong 25 menit,” ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk memeriksa kendaraannya terlebih dahulu sebelum melintasi jalan tol. Selain itu, pemudik juga harus tetap menjaga ketenangan, menghormati arus lalu lintas, dan mengikuti instruksi petugas.

“Pemudik yang ingin singgah sudah menyiapkan tempat istirahat di kilometer 19. Pemudik bisa berhenti di rest area dengan jangka waktu (terbatas) maksimal 30 menit,” ujarnya.

Wiccasono Pribadi

Pilihan Redaksi: Yogyakarta Waspadai Jalan Rawan Libur Lebaran, Akses Sinomati Dibatasi Bagi Wisatawan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *