Bali menyatakan minatnya bekerja sama dengan Rumania untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Bisnis137 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPenjabat Gubernur Bali Sang, Made Mahendra Jaya, dalam pertemuan dengan Duta Besar Rumania untuk Indonesia, Dan Adrian Balanescu, menyampaikan keinginannya untuk bekerja sama dengan Rumania untuk memperkuat kualitas tenaga kerja di provinsi tersebut.

Dia mengusulkan agar para talenta Balin bertukar catatan tentang keterampilan dan kompetensi dengan orang-orang dari wilayah Arges, Rumania.

“Bali telah menikmati bonus demografi yang menunjukkan bahwa penduduk usia produktif mendominasi penduduknya. Oleh karena itu, kami akan mengambil langkah nyata agar talenta-talenta kami dapat bekerja di Rumania,” kata Gubernur Jenderal dalam komentarnya, Sabtu di kota tersebut. denpasar.

Jaya mengapresiasi kunjungan Dubes Balanescu ke Bali dan keinginan pemerintah Rumania untuk mempererat kerja sama dengan pemerintah daerah.

Dikatakannya kepada Balanescu, meski Bali bukan daerah yang diberkahi dengan sumber daya alam yang berharga, namun provinsi ini menawarkan keunikan budaya, lingkungan alam yang indah, dan keramahtamahan masyarakatnya menjadi nilai jual utama dunia pariwisata.

Sementara itu, Dubes menjelaskan bahwa kunjungannya ke Jaya untuk menjajaki kemungkinan langkah-langkah di berbagai bidang, termasuk kemungkinan terjalinnya kerjasama sister distrik antara Rumania dan Bali, antara Bali dan Arges.

Dalam pertemuan tersebut, Balanescu menyampaikan keinginannya untuk mendorong kerja sama antara Universitas Udayana Bali dengan universitas di Arges County.

Ia kemudian menekankan pentingnya pertukaran tersebut dengan rencana mengundang masyarakat Bali untuk berkarir di Rumania dan sebaliknya.

Balanescu mengatakan kepada Jaya bahwa pemerintah Rumania ingin memperkuat kerja sama dengan Bali di bidang pariwisata, karena keindahan wilayah tersebut sudah dikenal luas di kalangan masyarakat Romawi.

Selain itu, delegasi Rumania mengusulkan agar Bali bekerjasama dengan Arges di bidang pertanian karena wilayah tersebut dikenal sebagai salah satu daerah penghasil wine terbaik di Eropa.

Baca Juga  5 Lowongan Kerja BUMN Oktober 2023

Ia mencontohkan, Bali dan Arges mempunyai potensi menciptakan keterkaitan ekspor dan pendapatan pertanian.

di antara

Pilihan Editor: Serangan udara Israel menewaskan 11 orang di sebuah tenda di Gaza

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *