Arab Saudi sedang membangun resor ski futuristik di tengah gurun pasir.

Bisnis192 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Ski biasanya dilakukan di negara empat musim dengan salju di musim dingin. Namun, Arab Saudi Skala suhu-suhu yang terkenal ingin membuatnya Resor ski 500 miliar dollar atau Rp 7,798 triliun di pegunungan Neom, kota masa depan.

Proyek perkotaan baru ini sedang dibangun di tengah gurun di Provinsi Tabuk, di wilayah barat laut negara tersebut. Sebuah resor ski bernama Trojena akan dibangun di sana. Resor ini menampilkan perpaduan rumit antara arsitektur nyata dan virtual, danau buatan, dan pemandangan menakjubkan.

Ide bermain ski di lereng Neom di Arab Saudi terdengar aneh, namun Clark Williams, yang mengelola pemasaran dan komunikasi untuk Neom, mengatakan kepada EuroNews Travel bahwa sebenarnya tidak terlalu sulit.

“Orang-orang berpikir, tunggu dulu, apakah ada salju di Arab Saudi?” kata Williams. Kita hanya membutuhkan suhu -3 derajat Celcius untuk membuat es di Neom dan kita dapat melakukannya selama sekitar tiga bulan dalam setahun.

Di pegunungan terdekat kota baruDi musim dingin, suhu secara alami turun di bawah 0 derajat. Resor ini memiliki arena miring dan kering untuk menampung salju alami dan buatan mesin. Sekitar 75 persen lerengnya ditutupi salju buatan mesin, yang dikatakan bebas bahan kimia dan ramah lingkungan, menggunakan air dan udara sebagai masukannya.

Jalur ski utama di Trojena terletak di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut. Di musim dingin, suhu di Trojena berkisar antara -17 derajat Celcius hingga 22 derajat Celcius, sehingga ideal untuk bermain ski.

“Kami menggunakan sebanyak mungkin sumber daya berkelanjutan dalam pembuatan salju, baik itu tenaga surya atau tenaga angin,” jelas Williams. “Kami juga menggunakan air asin dari air, yang merupakan solusi modern dan kami berusaha mengumpulkan air sebanyak mungkin dari pencairan es.”

Baca Juga  Nasib serupa juga dialami oleh kampung tua Batam Panau dengan Pulau Rempang.

Menurut Williams, air ini akan disirkulasi ulang menjadi sistem yang menghasilkan tepung di lereng resor.

Meski musim dingin memberi kesempatan untuk bermain Bermain ski Di lereng Trojena sepanjang 36 km, masyarakat dapat menikmati danau buatan dan melakukan segala jenis olahraga air di sana serta bersepeda gunung sepanjang sisa tahun.

Di musim panas, ketika wilayah Teluk berada pada titik terpanasnya, penduduk setempat dapat mendinginkan diri di Trojena, yang suhu rata-ratanya 10 derajat lebih rendah dibandingkan kota-kota Saudi lainnya dan tidak ada kelembapan.

iklan

Trojena menjanjikan segala sesuatu yang bisa ditemukan wisatawan di desa pegunungan. “Konsep di balik Ski Village adalah mengambil apa yang Anda lihat di desa pegunungan klasik dan menggabungkan semuanya dalam satu bangunan,” kata Williams.

Ini mencakup restoran dan spa kesehatan mewah bagi mereka yang membutuhkan istirahat dari arena. Menurut Williams, resor ski tersebut akan segera mencakup beberapa hotel yang dapat menampung pengunjung ketika pusat tersebut dibuka pada akhir tahun 2026 atau awal tahun 2027.

“Jika Anda berpikir bahwa kami menciptakan lanskap yang benar-benar baru di sana, hal ini akan terjadi dalam waktu dekat, jalan-jalan, bar, restoran, dan hotel semuanya dikompres menjadi satu desa.”

Saat ini, proyek tersebut sedang dalam tahap pengembangan pertama dan para pekerjanya tinggal di sana.

Trojena bukan sekadar taman bermain bagi wisatawan. Menurut rencana saat ini, sekitar 7.000 orang akan menjadi penduduk tetap, yang dapat tinggal dan bekerja di desa permanen tersebut.

Neom adalah mega proyek yang diumumkan sebagai bagian dari Visi Putra Mahkota Saudi 2030, kata Niall Gibbons, Kepala Pariwisata Neom. Luasnya sama dengan Belgia dan akan menerima sekitar 3,5 juta wisatawan pada tahun 2030.

Baca Juga  Napoli beralih ke mantan pelatih PSG Christophe Gaultier saat Rudy Garcia berada di bawah tekanan

Pada awalnya, Neom akan fokus pada pariwisata domestik dan kemudian memperluas ke pengunjung internasional. Pada tahun 2030, 60 persen orang akan datang dari luar Arab Saudi, menurut Gibbons.

BERITA EURO | ALARABIYA.NET

Pilihan Editor: Arab Saudi menargetkan 100 juta wisatawan untuk wisata non-religius.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *