Apalagi Kementerian Kesehatan telah menemukan kasus cacar monyet di Bandung

Bisnis175 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menemukan kasus Penyakit monyet atau Mpox di Bandong, Jawa Barat, Indonesia, jumlah pasien terkonfirmasi positif bertambah menjadi 21 orang per 29 Oktober 2023.

“Saat ini kasus Mpox ada 21 kasus. Selain Jakarta dan Tangsel, ditemukan satu kasus di Bandung,” kata Kepala Kantor Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Minggu, 29 Oktober. , 2022. .

Namun Nadia belum bisa memastikan lebih lanjut terkait kondisi pasien maupun keberadaan kasus di Bandung. Menurut Nadia, sejak laporan 27 Oktober 2023, jumlah kasusnya bertambah hingga mencapai 17 kasus yang seluruhnya berasal dari Diki Jakarta.

Menurut Nadia, tracing kontak erat terhadap 21 kasus lainnya masih negatif. “Hasil hubungannya masih negatif,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Besar Persatuan Dokter Indonesia (PB IDI) Hingga 13 Oktober 2023, ada 15 orang yang dinyatakan positif. Salah satu kasusnya sembuh pada Agustus 2022.

Ketua Satgas MPox PB IDI Hani Nilasari mengatakan, seluruh pasien positif bergejala ringan dan tertular penyakit menular seksual. Pasiennya semuanya laki-laki berusia 25-50 tahun.

iklan

Selain itu, data DK Jakarta menyebutkan hasil PCR negatif sebanyak 20 orang dan masih menunggu hasil PCR sebanyak 2 orang. Hani mengatakan lebih dari 90 persen kasus Mpox di dunia dilaporkan terjadi pada populasi tertentu, termasuk homoseksual dan biseksual.

Haney menyarankan bahwa populasi berisiko tinggi, seperti mereka yang memiliki banyak pasangan dan sistem imun yang lemah (autoimun, penyakit kronis lainnya), harus menghindari perilaku berisiko sebisa mungkin. “Seks harus dilakukan secara aman dengan menggunakan kondom dan vaksin,” ujarnya.

Sementara Kementerian Kesehatan juga mengumumkan 251 orang dari rencana 495 orang telah diberikan vaksin Mpox.

Baca Juga  Nilai ekspor batubara RI melambat, turun US$590,1 juta: Terbesar ke China dan India

Pilihan Redaksi: Momen Pratikno, Basuki, dan Hasto Hadiri Wisuda Anak UGM, Apa yang Dibicarakan?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *