Almas Tsakibirru menggugat Gibran Rakabuming di Pengadilan Negeri Surakarta.

Bisnis172 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaAlmas Tsakibiru kembali menuai kontroversi. Usai judicial review Mahkamah Konstitusi, Gibran Rakabuming berhasil mengantarkan Rakhine maju ke Pilpres, pemuda itu kini menggugat putra sulung Presiden Jokowi tersebut karena melalaikan tugas sebagai Wali Kota Solo. Tim kuasa hukum Diamond akan mengeluarkan pernyataan pada Jumat, 2 Februari.

Merujuk laman PN Surakarta, perkara tersebut didaftarkan dengan nomor 25/Pdt.G/2024/PN.Skt pada Senin, 29 Januari 2024.

Almas sebelumnya telah mengajukan gugatan terhadap Wali Kota dengan kasus yang sama pada 22 Januari lalu, namun hakim membatalkan perkara yang terdaftar dengan nomor 2/Pdt.GS/2024/PN.Skt.

Tahun lalu, Almas mengajukan permohonan uji materi UU Nomor 26 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Di tahun 7 tentang batasan usia calon presiden dan wakil presiden pada pemilu tahun 2017. Putusan pengadilan tersebut pada akhirnya membuka jalan bagi Gibran untuk mencalonkan diri melawan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang didukung Prabowo Subianto dalam pemilu mendatang.

Saat itu, Almas mengaku mengagumi Gibran karena perekonomian utama Surakarta atau Solo pada 2022 turun 6,25 persen dari 1,74 persen pada masa kepemimpinannya yang berlangsung hingga 2025.

Almas mengatakan, di usianya yang ke-35 tahun, Gibran Rakabuming sudah mampu membangun dan mengembangkan Kota Surakarta dengan berintegritas dan bermoral serta mampu mengabdi pada kepentingan masyarakat dan pemerintah. Gibran tak menyangka dirinya akan terhambat dalam pemilu karena keterbatasan usia sebagai model muda.

Savero Arstia Wianto | Yudono Januari

Pilihan Editor: Menara keempat Marina Bay Sands Singapura akan segera dibangun.

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Liga 1: Persija Surabaya vs Persija Jakarta 1-1, Yuston Nawawi soroti penampilan Paulo Henrique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *