Afrika Selatan meminta ICJ mempertimbangkan serangan Israel di Rafah.

Bisnis209 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaAfrika Selatan Pada hari Selasa, 13 Februari 2024, rencana Israel untuk memperluas serangannya di Gaza hingga kota Rafah meminta Mahkamah Internasional untuk menyelidiki apakah diperlukan tindakan darurat tambahan untuk melindungi hak-hak warga Palestina.

Mahkamah InternasionalICJ) bulan lalu, dalam kasus yang diajukan oleh Israel di Afrika Selatan, Israel memerintahkan Israel untuk mengambil semua tindakan untuk mencegah pasukannya melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Israel membantah semua tuduhan genosida dalam perangnya dengan kelompok Islam Palestina Hamas di Gaza dan meminta pengadilan untuk membatalkan tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka menghormati hukum internasional dan memiliki hak untuk membela diri.

Israel mengatakan pihaknya berencana untuk memperluas serangannya ke daratan. RafahLebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari serangan yang menghancurkan sebagian besar Jalur Gaza setelah militan Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober.

“Pemerintah Afrika Selatan menyatakan keprihatinannya yang mendalam bahwa serangan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di Rafah, sebagaimana diungkapkan oleh pemerintah Israel dalam permohonannya ke pengadilan kemarin (12 Februari), telah mengakibatkan pembunuhan lebih lanjut, kehancuran dan korban massal – kehancuran yang meluas,” demikian pernyataan dari kantor kepresidenan Afrika Selatan.

“Ini merupakan pelanggaran serius dan tidak dapat diperbaiki. Konvensi Genosida Juga, perintah pengadilan tertanggal 26 Januari.”

iklan

ICJ yang berbasis di Den Haag menolak berkomentar apakah mereka telah menerima permintaan tersebut.

Dalam kasus-kasus sebelumnya, ICJ terkadang memberikan tindakan darurat tambahan ketika kondisi di lapangan berubah.

Pengadilan tidak memutuskan isu utama dalam kasus Afrika Selatan, yaitu apakah genosida terjadi di Gaza. Namun, mereka mengakui bahwa mereka mempunyai hak untuk melindungi warga Palestina dari genosida di Gaza.

Baca Juga  Tumbuhnya kelas menengah meningkatkan permintaan beras premium, dan para ekonom mendesak pemerintah untuk fokus pada inflasi

Reuters

Pilihan Editor: AS menyerukan penyelidikan atas pembunuhan Israel terhadap bocah Palestina Hind Rajab.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *