8 Bahaya Pakai Sepatu Basah Saat Hujan, Bisa Tertular Infeksi

Bisnis578 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSaat musim hujan, jalanan yang tergenang air atau hujan saat bepergian bisa menyebabkan hal ini. Sepatu Membasahi. Mengenakan sepatu basah dapat menimbulkan sejumlah risiko kesehatan kaki, salah satunya penyakit kutu air. Tak hanya itu, masih banyak lagi bahaya memakai sepatu basah yang patut Anda waspadai.

Bahaya memakai sepatu basah

Berikut ini daftar dampak buruk memakai sepatu basah yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Infeksi kulit dan kuku

Mengenakan sepatu basah terus-menerus meningkatkan risiko infeksi kulit dan kuku. Kelembapan yang tersisa di sepatu menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur dan bakteri. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kurap, jamur kuku dan penyakit kulit lainnya.

2. Kutu air

Sepatu yang basah dan basah merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya, jika kaki terus-menerus berada dalam sepatu basah, ruam atau jamur bisa timbul. Oleh karena itu, mengeringkan sepatu merupakan cara yang tepat untuk mencegah masalah tersebut Kutu air.

3. Kaki parit

Menurut Healthline, hal itu bisa terjadi pada kondisi kulit yang disebut pemakaian sepatu basah. kaki kanal. tanda kaki kanal Kemerahan, lecet, flek dan pengelupasan jaringan kulit mati.

Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa berujung pada maag, kerusakan saraf permanen, gangguan kemampuan berjalan, bahkan amputasi.

4. Bau busuk

Sepatu basah menjadi sarang bakteri dan jamur serta menimbulkan bau tidak sedap yang sulit dihilangkan. Kondisi ini tidak hanya membuat penggunanya merasa tidak nyaman, namun dapat mempengaruhi hubungan sosial dan kepercayaan diri.

5. Mengiritasi kulit

Kelembapan pada sepatu menyebabkan iritasi dan iritasi pada kulit kaki. Hal ini dapat menyebabkan lecet, ruam, atau bahkan luka terbuka. Terakhir, kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan menunda proses penyembuhan.

Baca Juga  Kisah Hada Kusumonegoro adalah seorang pengasuh ibundanya yang mengidap penyakit kanker

6. Gigitan es

iklan

Bahaya lain dari memakai sepatu basah adalah kedinginan. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda memakai sepatu basah dan berada di luar ruangan dengan suhu yang sangat dingin dalam waktu lama.

Gigitan es dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jari kaki dan perlu mengamputasi jari kaki yang terkena.

7. Kerusakan pada sepatu

Selain mengancam kesehatan kaki, penggunaan sepatu basah juga merusak struktur dan bahan sepatu. Kondisi basah menyebabkan kulit dan sol sepatu rusak sehingga mengurangi umur panjang dan umur sepatu.

8. Ketidaknyamanan selama aktivitas fisik

Bahaya memakai sepatu basah yang terakhir adalah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama saat berolahraga Aktivitas fisik Seperti berjalan atau berlari. Kelembapan yang terperangkap dapat menyebabkan lebih banyak gesekan dan menyebabkan goresan atau luka.

Tips mencegah sepatu basah

Untuk menghindari bahaya memakai sepatu basah, sebaiknya keringkan sepatu Anda. Berikut tips mencegah sepatu basah yang akan membantu menjaga kaki Anda tetap kering saat musim hujan.

  • Belilah sepatu atau boots berkualitas yang tidak memungkinkan masuknya air.
  • Ganti kaus kaki Anda setiap kali basah.
  • Kemasi sepasang kaus kaki dan sepatu tambahan jika sepatu Anda basah.
  • Periksa sepatu Anda secara rutin apakah ada lubang, terutama jika sepatu sudah lama disimpan dan dipakai kembali.
  • Hindari genangan air dan lumpur saat mendaki, meski terkesan asyik bermain di genangan air.
  • Segera hubungi dokter jika Anda merasakan adanya masalah pada kaki Anda yang mungkin disebabkan oleh penggunaan sepatu basah.

Mereka melihat RIZKI DEWI

Pilihan Editor: Bisnis cuci sepatu: modal dan tips memulai



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *