7 negara ini punya gua bawah laut, Norwegia jadi yang terdalam.

Bisnis519 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSebuah di dalam air Gua Atau jalan tol adalah jalan raya bawah laut yang melayani perjalanan kendaraan dari satu daratan ke daratan lainnya. Tol bawah laut ini memiliki sejarah yang panjang, dari yang “hanya” melintasi sungai selebar 0,4 km hingga tol bawah air yang panjangnya lebih dari 50 km.

Jalan tol laut kini sudah tersedia di banyak negara maju. Indonesia berencana membangun jalan tol bawah air di ibu kota barunya, Nusantara, atau IKN. Tol bawah laut nantinya akan menghubungkan Tol Balikapapan-Samarinda hingga ibu kota baru.

Berikut daftar negara pemilik tol bawah laut:

  1. Cina

Di tahun Pada Januari 2022, Tiongkok resmi meresmikan lagi jalan tol bawah air sepanjang 10,79 km. Jalan tol ini melewati pusat Danau Taihu di Provinsi Jiangsu, oleh karena itu dinamakan Terowongan Taihu. Sebelumnya, Tiongkok membangun terowongan laut sepanjang 8,69 kilometer yang disebut Terowongan Xiang’an di Xiamen, Provinsi Fujian pada tahun 2005–2010.

Yang lainnya menghubungkan Hong Kong, Zhuhai dan Makau yang merupakan kombinasi jembatan dan terowongan bawah air. Panjang jalur air tersebut adalah 6,7 kilometer dari total panjang 55 kilometer.

  1. Britania

Inggris memiliki gua bawah air tertua, Gua Blackwall, Gua Queensway, dan Gua Channel.

Blackwell memiliki dua jalur terpisah, panjang 1,35 km dan 1,17 km. Rel tersebut berada di bawah Sungai Thames di kawasan Blackwell dan Greenwich sejak tahun 1897.

Terowongan Queensway dibangun pada tahun 1925–1934 di bawah Sungai Mersey antara Liverpool dan Birkenhead. Jalan yang dikenal dengan nama Terowongan Birkenhead atau Terowongan Tua ini memiliki panjang 3,24 kilometer.

Sedangkan The Channel Tunnel merupakan jalur bawah air sepanjang 37,9 km dari Folkestone, Inggris hingga Calais, Prancis, dengan total panjang 50,4 km. Jalan tersebut dibangun pada tahun 1988-1994.

  1. Jepang
Baca Juga  5 Fakta Ikon Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Jepang memiliki setidaknya dua saluran air, Terowongan Kanmon dan Tokyo Bay Aqua-Line. Terowongan Kanmon menghubungkan pulau Honshu dan Kyushu di kota Shimonoseki dan Kitakyushu. Panjangnya 3,46 km dan memiliki jalur pejalan kaki. Gua ini dibangun pada tahun 1937 hingga 1958.

Sedangkan Tokyo Bay merupakan kombinasi jembatan aqua-line dan terowongan bawah laut. Letaknya di bawah Teluk Tokyo dengan panjang 9,6 km dari total panjang 23,7 km.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *