5 penyebab mual setelah berhubungan seks

Bisnis73 Dilihat

CANTIKA.COM, JakartaMual setelah berhubungan badan Ini adalah peristiwa nyata. Menurut Shieva Gofrani, dDokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau dikenal juga dengan sebutan ob-gyn Dan menjadi anggota dewan penasehat PS Condition Center meski merasa mual Berhubungan seks Hal ini memang tidak umum, namun bukan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Masalahnya, belum banyak penelitian mengenai topik ini, sehingga sulit untuk mengetahui penyebab pasti dari fenomena ini. Oleh karena itu, jika Anda merasa mual setelah berhubungan seks, penting untuk segera mengatasi masalahnya.

Untungnya, ada beberapa penyebab umum yang diyakini para ahli dapat menyebabkan rasa mual setelah berhubungan intim, di antaranya rangsangan pada rahim dan nyeri saat berhubungan intim. Berikut beberapa penyebab paling umum menurut dokter ob-gyn.

Penyebab mual setelah berhubungan badan

1. Stimulasi serviks

Salah satu penyebab rasa mual setelah berhubungan intim berkaitan dengan leher rahim – penjaga gerbang antara vagina dan rahim. Dr Goffrani menjelaskan, leher rahim memiliki banyak ujung saraf, termasuk saraf vagus yang bertugas mengendalikan organ dalam seperti pencernaan, detak jantung, dan refleks tertentu seperti batuk dan muntah. Artinya, rangsangan pada leher rahim saat berhubungan intim terkadang bisa menimbulkan komplikasi.

“Kontak dengan leher rahim saat berhubungan intim atau rangsangan serviks dapat memicu respons vasovagal yang menurunkan tekanan darah dan detak jantung Anda,” kata Lauren Strocher, MD, direktur medis Pusat Seksualitas dan Menopause Northwestern Medical. , disebutkan Gula popSabtu, 18 Mei 2024

Posisi seksual tertentu atau penetrasi yang dalam dapat memperburuk rangsangan serviks ini dan memperburuk rasa mual.

“Terkadang rasa sakit yang terjadi saat penetrasi dapat menimbulkan respon vasovagal disertai rasa mual pada beberapa orang,” kata Dr. Goffrani sambil menekankan bahwa rasa sakit harus selalu dievaluasi.

Leher rahim Anda juga berubah sepanjang siklus, menjadi lebih tipis selama menstruasi, yang dapat membuat Anda rentan terhadap mual setelah pemasangan.

Baca Juga  Pajak rokok elektrik resmi berlaku mulai 1 Januari 2024.

2. Penyakit pasca-orgasme

Jika gejala yang Anda alami lebih dari sekadar mual, Anda mungkin mengalami gangguan pasca-orgasme. “Ini digambarkan sebagai kondisi mirip flu,” kata Sara Cigna, asisten profesor kebidanan dan ginekologi dan direktur SAGA (Pusat Jaminan Kesehatan Seksual dan Gender).

Gejalanya adalah sakit kepala, mual, dan rasa lelah yang luar biasa yang berlangsung selama 2-7 hari.

“Kondisi ini sangat melemahkan sehingga pasien seringkali menghindari hubungan seks sama sekali,” kata dokter di Cigna. Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, namun pengobatannya mungkin termasuk penyesuaian hormonal atau beta-blocker.

3. Endometriosis atau radang panggul

Hubungan intim yang menyakitkan bisa terjadi dalam keadaan sehat, namun juga bisa menimbulkan rasa mual. “Wanita dengan endometriosis dan penyakit radang panggul mungkin mengalami nyeri saat berhubungan intim,” kata Dr. Streicher.

Faktor lain yang dapat berperan dalam rasa sakit dan mual saat berhubungan adalah infeksi vagina atau serviks dan fibroid, yaitu pertumbuhan non-kanker di dalam rahim.

Gofrani menambahkan, kontraksi rahim yang hebat (akibat kehamilan) meningkatkan risiko nyeri saat berhubungan intim dan mual, serta ketidakmampuan melakukan foreplay sebelum berhubungan intim.

Terlepas dari alasan pastinya, jika Anda mengalami nyeri saat berhubungan seksual, Anda harus menemui dokter kandungan.

4. Ventilasi tinggi

Menurut dr Gofrani, cara bernapas bisa menyebabkan rasa mual setelah berhubungan seks. “[Mual] “Bisa disebabkan oleh ventilasi yang tinggi pada keadaan pernapasan sebelum orgasme,” ujarnya. Selain itu, pernapasan yang lambat dan dalam dapat membantu mengendurkan saraf vagus, yang berhubungan dengan mual pasca senggama.

5. Masalah seksisme

Jika Anda terus-menerus merasa mual setelah berhubungan seks, penting juga untuk mengetahui kemungkinan penyebab psikologisnya.

“Orang yang pernah mengalami trauma seksual di masa lalu mungkin merasa mual, meskipun saat ini tidak ada pengalaman seksual traumatis,” kata Dr. Goffrani.

Baca Juga  Uni Eropa meminta Apple membuka ekosistemnya kepada pesaing

Sangat jarang, mual merupakan gejala dari kondisi psikologis yang dikenal sebagai gangguan keengganan seksual.

“Kami tidak tahu seberapa sering hal ini terjadi pada perempuan, tapi kami tahu bahwa hal ini bisa disebabkan oleh trauma seksual sebelumnya atau tumbuh di lingkungan yang sangat religius di mana seks itu ‘buruk’,” kata Dr. Streicher.

Gangguan keengganan seksual adalah penghindaran ekstrim terhadap semua kontak seksual dengan pasangan, sehingga menyebabkan kesusahan atau kesusahan dalam hubungan. Perawatan seperti terapi perilaku kognitif atau antidepresan dapat membantu, jadi selalu diskusikan kekhawatiran spesifik apa pun dengan dokter Anda untuk mendapatkan nasihat medis terbaik.

Cara mengatasi mual setelah berhubungan seks

Menurut para ahli, cara terbaik mengatasi mual adalah dengan mengetahui akar penyebabnya. Misalnya, dr Ghofrany mengatakan jika Anda merasa mual setelah berhubungan intim, rangsangan pada lapisan rahim dengan respons vasovagal, kemudian memastikan hidrasi yang cukup dan kadar glukosa darah yang stabil dapat membantu mengurangi gejala.

Demikian pula, jika kontraksi rahim menyebabkan mual dan ketidaknyamanan, mengonsumsi NSAID sebelum berhubungan intim dapat membantu mengatasi nyeri seperti kejang. Namun, setiap orang dan situasi adalah unik, jadi untuk mendapatkan saran medis terbaik yang dipersonalisasi, sebaiknya bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Secara umum, Dr. Gofrani merekomendasikan untuk mencari pertolongan medis untuk penyakit apa pun yang berhubungan dengan seks. Hal ini dapat melindungi Anda dari masalah yang lebih serius seperti infeksi, massa panggul, atau penyakit radang panggul. Selain itu, jika mual setelah berhubungan intim masih berlanjut meski sudah mencoba mengatasi pemicunya, sebaiknya diskusikan dengan dokter.

Pilihan Editor: 8 Penyebab Sakit Saat Keintiman

gula pop

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *