4 daerah dengan wabah polio di Indonesia

Bisnis620 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kasus polio kembali dilaporkan di Pamekasan, Madura. Virus polio merupakan penyakit yang mengancam kesehatan manusia dan telah menjadi perhatian global. Indonesia, seperti negara-negara lain di dunia, menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan epidemi ini. Polio.

Di Indonesia telah terjadi beberapa kali wabah polio (rare events). virus polio. Menurut berbagai sumber, berikut wilayah yang pernah mengalami wabah polio di Indonesia.

1. Klaten, Jawa Tengah

Pemerintah Indonesia meningkatkan vaksinasi di daerah-daerah yang teridentifikasi sebagai wabah polio, termasuk Klaten, Jawa Tengah. Kementerian Kesehatan meningkatkan vaksinasi polio di wilayah tersebut setelah ditemukan kasus positif pada seorang anak perempuan berusia enam tahun di distrik Manisrengo.

tersebut di antaraAngit Budiarto, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, mengatakan sebanyak 118.600 orang menjadi sasaran vaksinasi pada Subpekan Imunisasi Nasional yang digelar serentak di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Mulai 15 Januari, vaksinasi anak di bawah usia tujuh tahun akan dilakukan serentak di seluruh wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Clayton, Kamis, 4 Januari.

2.Aceh

Di tahun Pada 19 November 2022, Kementerian Kesehatan RI (KMENX) mengumumkan adanya kasus polio di PD, Aceh. Di tahun Setelah Indonesia tersertifikasi bebas polio pada tahun 2014, kasus tersebut membuka kembali sejarah kelam Indonesia mengenai penyakit yang melumpuhkan tersebut.

Penemuan polio tipe 2 di Aceh menjadikan Indonesia sebagai negara ke-16 dengan kasus terbanyak. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan polio sebagai penyakit langka atau KLB di Indonesia.

3. Papua

Wabah polio di Papua disebabkan oleh virus polio tipe 1 yang berasal dari vaksin cVDPV1 (circulated vaksin-derived poliovirus tipe 1) yang ditemukan pada tahun 2019. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa langkah strategis dilakukan, salah satunya dengan segera menerapkan ORI.Vaksin respons pandemi) untuk kelompok usia rentan di wilayah terdampak polio hingga 26 Mei 2020. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menghentikan epidemi polio di Papua.

Baca Juga  Tiongkok meminta Israel menghentikan serangannya terhadap Rafah.

4. Sukabumi, Jawa Barat

Di tahun Pada tanggal 13 Maret 2005, kasus polio impor pertama terdeteksi di Kecamatan Sidhu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sejak tahun 2005 hingga awal tahun 2006, kasus Penyakit polio Ini menjadi epidemi yang mempengaruhi 305 orang. KLB ini tersebar di 47 kabupaten/kota di 10 kabupaten.

M RAFI AZHARI | YAYUK WIDIYARTI

Pilihan Editor: Mulai 1 Januari 2024, vaksin covid-19 akan dibayarkan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *