33 kamp di Jerman diduga terlibat dalam perdagangan manusia yang menyamar sebagai tempat magang mahasiswa, kata polisi

Bisnis85 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPolri mengungkap perdagangan manusia di Jerman melalui program Fair Jobs, simulasi magang mahasiswa. Direktur Reserse Kriminal Umum Polri Brigjen. Jenderal Juhandani Rahardjo Puro mengatakan, kasus tersebut berdasarkan laporan empat mahasiswa KBRI Jerman.

“Setelah dilakukan penelusuran mendalam, KBRI mengetahui program ini dilakukan di 33 universitas di Indonesia,” kata Juhandani dalam keterangannya, Rabu, 20 Maret. Sebanyak 1.047 mahasiswa di Jerman disalurkan ke tiga agen perekrutan. .

Polisi telah menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut, semuanya merupakan warga negara Indonesia. Dua di antaranya berada di Jerman, kata Juhandani.

Mabes Polri telah bekerja sama dengan Departemen Hubungan Internasional dan KBRI untuk melacak kedua tersangka di Jerman.

Ketiga tersangka tersebut yakni SS (laki-laki) 65 tahun, AJ (perempuan) 52 tahun, MZ (laki-laki) 60 tahun. Sedangkan dua tersangka di Jerman adalah ER atau EW (perempuan) berusia 39 tahun, dan Alias ​​​​AE (perempuan) berusia 37 tahun.

Mereka dikenakan Pasal 81 UU Nomor 81. Di tahun 17 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda Rp15 miliar. Selain itu, terdapat tambahan klausul pidana seperti pembatalan izin usaha, perampasan aset yang diperoleh melalui tindak pidana, pencabutan status badan hukum, pemberhentian pengurus, dan klausul larangan perusahaan terkait PT.SHB melakukan usaha di bidang yang sama. .

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengklarifikasi bahwa program Ferienjob bukan bagian dari program Pendidikan Merdeka – Kampus Merdeka (MBKM) pemerintah. Program pengalaman kerja asing harus melalui usulan dari KBRI atau kedutaan terkait untuk menerbitkan surat dukungan terhadap program tersebut.

PENASIHAT KHOIRUNIKMAH

Pilihan Editor: Polisi konfirmasi 16 penangkapan saat protes di depan DPR, KPU

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Sifat pasangan yang cemburu dan meracuni hubungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *