128 Tahun BRI, Berikut Perjalanan Bank yang Didirikan oleh R. Aria Wiraatmadja

Bisnis154 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Bank Rakyat Indonesia atau BRI Dia akan berusia 128 tahun pada 16 Desember 2023. Bank inilah tempat masyarakat mengandalkan tabungan, transaksi, perkreditan dan masih banyak lagi. Lihat di bawah untuk profil sejarah dan perkembangan BRI.

Sejarah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik negara di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia di Purwokerto, Jawa Tengah Arya Wirjaatmaja Pada tanggal 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Indlandsche Hoofden. Lembaga ini awalnya merupakan lembaga yang mengelola penyaluran dana masjid kepada masyarakat dengan cara yang sangat sederhana.

Kemudian pada tanggal 16 Desember 1895 resmi berdiri Hulpen Spurbank der Indlandische Besteurs Amtenari yang dikenal sebagai “Bank Kredit Umum” pertama di Indonesia. Kemudian pada tahun 1897 berubah nama menjadi De Poerwokertosche Hulpen Spaar-en Landbouw Credietbank (Wolsbank) atau “Bank Rakyat”. Kemudian pada tahun 1912 menjadi Central Kass voor Volkskreditweizen Allgemen.

Dilansir dari laman BRI, berubah menjadi Allgemeine Volkskreditback (AVB) pada tahun 1934. Pada masa invasi Jepang tahun 1942, AVB berubah menjadi Syomin Ginko. Di tahun

Di tahun Pada tahun 1960, pemerintah mengubah nama BRI menjadi Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan penggabungan BRI, Bank Tani dan Nelayan (BTN) dan Nederlandse Handels Maaschapij (NHM). Kemudian digabung menjadi Bank Indonesia pada tahun 1965 menjadi Bank Indonesia Bidang Koperasi, Peternakan dan Perikanan (BIUKTN) dan Bank Negara Indonesia Bagian II untuk Bidang Ekspor-Impor. Di tahun Berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 1968, pemerintah menetapkan kembali nama Bank Rakyat Indonesia sebagai bank umum.

Perkembangan BRI dari tahun 1992 sampai sekarang

Baca Juga  Kanada telah menjanjikan visa kepada 5.000 kerabat warga Gaza.

Bank BRI berubah status hukumnya menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Berdasarkan Undang-Undang Perbankan No.7 Tahun 1992. BRI menjadi perusahaan publik pada tanggal 10 November 2003 dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, sekarang Bursa Efek Indonesia.

iklan

Dikutip dari website BRI, bank ini Pada tahun 2007 mengambil langkah strategis dengan mengakuisisi Bank Jasa Arta (BJA) yang kemudian menjadi PT. Bank BRI Syariah. Unit usaha syariah BRI dipisahkan dari Bank BRI dan digabungkan menjadi PT. Bank BRI Syariah pada tanggal 1 Januari 2009

Di tahun Pada tahun 2013, Bank BRI menjadi yang pertama di Indonesia yang menawarkan layanan self-service banking melalui BRI Hybrid Banking. Kemudian pada tahun 2014, Bank BRI terus menambah jumlah ATM menjadi 20.792 unit ATM dan 131.204 unit mesin EDC. Pencapaian tersebut menjadikan Bank BRI sebagai bank dengan jaringan ATM dan EDC terbesar di Indonesia.

Selain itu, pada tahun 2015 Bank BRI Dengan membuka kantor di jantung kota Singapura di OUE Bayfront, 50 Collyer Quay, Singapura, meningkatkan kembali jaringan kerja yang biasa. Sebelumnya BRI mempunyai beberapa kantor luar negeri di beberapa negara antara lain BRI New York Agency, BRI Cabang Cayman Island, Kantor Perwakilan Hong Kong dan BRI Shipping Hong Kong.

Pada tahun yang sama, Bank BRI menjadi satu-satunya bank yang mengoperasikan kelas pekerja berupa kapal yang diberi nama ‘Teras BRI Kapal’. Teras BRI Kapal didukung oleh teknologi informasi yang canggih dan tenaga kerja yang handal dalam menjalankan pelayanannya. Kapal diawaki oleh Teller dan Petugas Customer Service serta Petugas Kredit Mikro dan Terras BRI Kapal telah menyediakan 1 unit Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di atas kapal dengan pengoperasian online 24 jam.

Baca Juga  Ciri-ciri pasangan emosional, mereka butuh waktu lama dalam mengambil keputusan

Di tahun Pada tahun 2016, per tanggal 9 Juni, Bank BRI meluncurkan satelit bernama BRIsat, menjadikan Bank BRI sebagai bank pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit.

Saat ini, menginjak usia 128 tahun pada 16 Desember 2023, Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menunjukkan perannya dalam menggerakkan perekonomian negara. BRI tetap berkomitmen untuk melakukan perubahan yang dibuktikan dengan kinerja luar biasa dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pilihan Editor: Melampaui Target BRI Rekor Perdagangan Terkait Rp 126 T di UMKM Expo



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *